Ada 44 Unit, Rusun ASN di Tanjung Selor Siap Dihuni

Rusun ASN Tanjung Selor memiliki kapasitas hunian sebanyak 44 unit dengan tipe 36 dan dibangun setinggi tiga lantai.

Jum'at, 02 April 2021 | 07:40 WIB
Ada 44 Unit, Rusun ASN di Tanjung Selor Siap Dihuni
Rusun ASN di Tanjung Selor. (Dok. Kementerian PUPR)

Suara.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan rumah susun (Rusun) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)  di Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara saat ini sudah siap untuk dihuni.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid berharap pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dapat segera memanfaatkan Rusun tersebut untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal ASN di sana.

“Pembangunan Rusun merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hunian layak bagi masyarakat. Selain di peruntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Rusun juga dibangun untuk para generasi muda seperti mahasiswa dan santri serta para ASN yang bertugas di daerah,” ujar  Khalawi Abdul Hamid, Rabu (31/3/2021).

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Utara, Rudi Yunanto menjelaskan, pihaknya telah melakukan serah terima kunci kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebagai penerima manfaat Rusun tersebut.

Para ASN yang berasal dari luar daerah dan yang belum memiliki tempat tinggal tetap dapat segera memanfaatkan Rusun tersebut.

Rusun ASN di Tanjung Selor. (Dok. Kementerian PUPR)
Rusun ASN di Tanjung Selor. (Dok. Kementerian PUPR)

“Para ASN yang menghuni Rusun tersebut juga berasal dari berbagai instansi termasuk Kementerian PUPR di Kaltara seperti BPJN, BPPW dan ASN Provinsi Kaltara,” terangnya.

Pelaksanakan Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan terhadap Rusun ASN Provinsi Kalimantan Utara kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebagai penerima manfaat ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan antara Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Utara dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalimantan Utara.

Sebagai informasi, Rusun ASN memiliki kapasitas hunian sebanyak 44 unit dengan tipe 36 dan dibangun setinggi tiga lantai. Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Rusun tersebut sekitar Rp 23,76 Milyar.

Untuk tiap unit hunian juga telah tersedia meubelair berupa tempat tidur utama, tempat tidur susun, sofa, lemari, meja dan kursi. Pada rusun juga terdapat sarana seperti ruang serbaguna, ruang pengelola dan musala.

Rusun tersebut di bangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Utara pada Tahun Anggaran 2020. Lokasi pembangunan rusun berada  di Jalan Handal, Tanjung Selor Hilir, Kecamatan Tanjung Selor yang berhadapan langsung dengan rusun buatan Satuan Kerja Pengembangan Perumahan pada tahun 2017.

“Kami juga telah menyediakan dua unit khusus untuk penyandang disabilitas,” terangnya. 

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI