alexametrics

Ditargetkan Rampung Oktober 2021, PUPR Bangun Rusun untuk TNI AD Gorontalo

Fitri Asta Pramesti
Kementerian PUPR bangun rusun untuk TNI AD di Gorontalo. (Dok. Kementerian PURP)
Kementerian PUPR bangun rusun untuk TNI AD di Gorontalo. (Dok. Kementerian PURP)

Rusun Korem 133 Nani Wartabone akan terdiri dari 44 unit dengan luasan tipe 36

Suara.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung tercapainya Program Hunian yang Layak bagi masyarakat yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, salah satunya melalui pembangunan rumah susun untuk anggota TNI Angkatan Darat yang bertugas dilingkungan Korem 133 Nani Wartabone, Gorontalo, Sulawesi Utara.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I, Hujurat, mengatakan rusun Kodam XIII Merdeka yang terletak di Desa Pone, Kecamatan Limboto Barat, direncanakan selesai dalam 8 bulan ke depan, terhitung sejak Maret ini sampai Oktober nanti.  

“Pembangunan rusun tersebut diharapkan akan selesai tepat waktu dan boleh memberikan pelayanan perumahan yang layak dan baik terhadap prajurit TNI serta meningkatkan kinerja dalam menjaga kedaulatan negara," kata Hujurat saat meninjau lokasi rusun dalam rangka reses DPRD Kabupaten Gorontalo, 18 Maret lalu. 

Lebih lanjut Kepala Satuan Kerja Perumahan Gorontalo, Alwi Mahdali juga menegaskan rusun yang diperuntukkan untuk TNI AD tersebut direncanakan selesai pada Oktober 2021 ini.

"Untuk dana pembangunannya dari APBN melalui Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Perumahan," jelas Alwi. 

Alwi menjelaskan, rusun terdiri dari tiga lantai dengan jumlah 44 unit dan luasan tipe 36, dengan fasilitas mebeulair, kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur serta ruang cuci.

Diketahui, konstruksi bangunan dengan total anggaran sebesar Rp 19,3 miliar tersebut nantinya akan memenuhi persyaratan bangunan gedung negara yakni kelengkapan fasilitas berupa hydrant untuk pemadam kebakaran, fire alarm, green water tank, kemudian instalasi pengelolaan air limbah dan saluran drainase serta PSU untuk landscape-nya.

“Dengan dibangunnya Rusun ini beserta pemenuhan fasilitas dan konstruksi yang ada nantinya diharapkan tercapainya output dan outcome penghunian RUSUN tersebut berupa kebermanfaatan bagi para perwira TNI Angkatan darat yang akan meninggalinya dapat merasa nyaman dan bersosialisasi dengan komunitasnya dengan baik”, lanjut Alwi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Paris Jusuf, mewakili rombongan DPRD menyampaikan apresiasi dan harapannya atas dibangunnya RUSUN tersebut,

“Setelah mendengar penjelasan teknis dari Pak Ka. Satker, kami melihat pembangunannya (Rusunawa -red) sangat bagus dari segi fasilitas hunian yang nantinya akan sangat mendukung kehidupan penghuninya. Sehingga kami sangat mengapresiasi hal ini dan kami berharap program rusun ini akan terus berlanjut bukan hanya untuk TNI tapi bisa menyentuh sampai ke ASN, sehingga kebutuhan akan hunian oleh masyarakat dapat terpenuhi, dan hal ini akan kita bicarakan dengan pemerintah provinsi karena pada prinsipnya kita melihat Kementerian PUPR siap mendukung”, tutup Jusuf.