158 Rumah Khusus Diserahkan PUPR kepada Pemkab Pulau Selayar

Fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejateraan.

Sabtu, 10 April 2021 | 16:43 WIB
158 Rumah Khusus Diserahkan PUPR kepada Pemkab Pulau Selayar
Ilustrasi rumah masyarakat. (Dok : PUPR)

Suara.com - Sebanyak 158 unit rumah khusus diserahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk nelayan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejateraan dan mewujudkan hunian layak bagi para nelayan beserta keluarganya.

“Kami mendukung adanya pembangunan rumah khusus bagi para nelayan di seluruh Indonesia. Rumah khusus ini untuk terciptanya kualitas bangunan serta sarana dan prasarana hunian nelayan yang sehat dan nyaman,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Ir. M. Hidayat, saat menerima kunjungan kerja Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Proses serah terima aset rumah khusus tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara (BMN). Selaku pihak pertama adalah Direktur Jenderal Perumahan, yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan, sedangkan pihak kedua atau penerima manfaat adalah Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali.

“Rumah khusus tersebut diperuntukkan bagi nelayan berpenghasilan rendah di Kabupaten Kepulauan Selayar,” tandasnya.

Berdasarkan data, rumah khusus dibangun oleh Direktorat Jenderal Perumahan di Desa Lowa Kecamatan Bontosikuyu, dan Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Jumlah yang diserahterimakan  64 unit tahun perolehan 2017 dan 44 unit tahun perolehan 2017, masing-masing berlokasi di Pattumbukang Desa Lowa Kecamatan Bontosikuyu.

Sebanyak 50 unit rumah khusus dengan tahun perolehan 2018, berlokasi di Dusun Ero Wali Kecamatan Pasimarannu.

Basli Ali sangat megapresiasi kolaborasi kerja sama yang baik antar pemerintah daerah dengan pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR ini.

“Kami berharap ke depan, semakin baiknya pemukiman masyarakat yang dibangun di Kabupaten Kepulauan Selayar. Kami siap menjaga dan merawatnya rumah khusus ini agar dapat dihuni dengan baik,” harapnya.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI