Gaikindo Optimistis GIIAS Surabaya Dihadiri 30.000 Pengunjung

Ririn Indriani
Gaikindo Optimistis GIIAS Surabaya Dihadiri 30.000 Pengunjung
Promosi pameran GIIAS 2015 (indonesiaautoshow.com).

Diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional.

Suara.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis pameran otomotif bertaraf internasional yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Surabaya bakal dihadiri 30.000 pengunjung.

"Keyakinan kami dikarenakan ajang tersebut menjadi satu-satunya pameran resmi Gaikindo yang membawa berbagai inovasi baru. Kehadirannya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional," kata Sekretaris Umum Gaikindo Noegardjito di Surabaya, Kamis (30/7/2015).

Selain itu, ungkap dia, perhelatan itu juga menjadi pameran yang mendapatkan pengakuan dunia internasional melalui Organization Internationale des Constructeurs d'Automobiles/OICA.

Di bawah naungan OICA, GIIAS ikut dicatatkan sebagai pameran otomotif kelas dunia seperti NAIAS-Detroit Auto Show, IAA-Frankfurt Auto Show, Geneva Motor Show, Auto China Beijing, dan Tokyo Motor Show.

"Oleh sebab itu, kami berkomitmen terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional. Kami tentunya tidak fokus pada perkembangan industri serupa di Jakarta tapi di Kawasan Indonesia Timur seperti Makassar dan Surabaya," ujar Noegardjito.

Ia menjelaskan, GIIAS dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengembangkan industri otomotif lokal, bertukar informasi seputar teknologi terkini, sarana untuk mengembangkan industri pendukung dan komponen otomotif.

Bahkan, diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat lokal untuk menikmati industri otomotif melalui acara-acara pendukungnya.

"Pelaksanaan GIIAS Makassar dan GIIAS Surabaya sama halnya seperti GIIAS Jakarta. Di Makassar dan Surabaya, kami akan membawa Agen Pemegang Merek (APM) anggota Gaikindo untuk berpartisipasi di dua kota tersebut," kata Noegardjito.

Ia menambahkan, pameran otomotif terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara itu akan menghadirkan total 34 merek kendaraan yang terdiri atas 23 merek kendaraan penumpang dari Agen Pemegang Merek (APM).

Ke-23 merek APM itu adalah Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Smart, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW.

"Lalu, dua merek kendaraan penumpang yang masuk melalui importir umum yakni Aston Martin dan McLaren. Ada pula merek kendaraan komersial terdiri atas FAW, Hino, Isuzu, Maxus, Iveco, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks," katanya.

Di Surabaya, lanjut Noegardjito, GIIAS 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 9-13 Desember 2015 di Grand City, Surabaya.

Sementara, GIIAS Makassar akan diadakan pada tanggal 25-29 November 2015 di Celebes Convention Center, Makassar.

"Pemilihan dua wilayah itu dipicu perkembangan ekonomi dan mobilitas masyarakat. Akibatnya, memicu tingginya kebutuhan terhadap kendaraan dan kegemaran masyarakat dalam memodifikasi kendaraannya," katanya.

Kondisi itu, menurut Noegardjito, menjadikan industri otomotif sebuah peluang bisnis yang sangat prospektif.

Berikutnya, dihadirkan berbagai program unggulan yang dipercaya akan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di kedua kota tersebut seperti Automotive Community's Day, DJ Performance on Car, Modification Contest, dan Freestyle Motorbike Show. (Antara)