Komisi X Temui Rektor Perguruan Tinggi Seluruh Jawa Barat

Siswanto | Dian Rosmala
Komisi X Temui Rektor Perguruan Tinggi Seluruh Jawa Barat
Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah [DPR]

Mereka ingin mengetahui kriteria penentuan beasiswa.

Panja Beasiswa Dikti dan SM3T Komisi X DPR menemui seluruh rektor perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat. Dalam pertemuan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X Ferdiansyah, mereka ingin mengetahui kriteria penentuan beasiswa, kuota penerima beasiswa setiap jenisnya, prestasi mahasiswa yang menerima beasiswa hingga permasalahan yang dihadapi mahasiswa penerima beasiswa.

“Tujuan panja ini untuk mendapat masukkan dan memotivasi pemangku kepentingan pendidikan yang berkaitan erat dengan proses seleksi dan pemberian beasiswa secara tepat, agar dapat menghasilkan SDM Indonesia yang berkualitas dan kedepannya dapat memajukan kesejahteraan bangsa,” kata Ferdiyansyah saat memberikan sambutan di Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/9/2016).

Adapun maksud kunjungan ini untuk melakukan komunikasi intensif antara DPR, khususnya panja dengan universitas, politeknik, sekolah tinggi dan akedemi serta pemangku pendidikan tinggi di Provinsi Jawa Barat.

“Kami mau tahu terkait dengan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan fungsi pengawasan atas pelaksanaan undang-undang, termasuk pelaksanaan APBN khusunya dalam bidang pendidikan,” imbuh politisi asal dapil Jawa Barat.

Dia mengatakan Komisi X ingin mendapatkan gambaran umum secara langsung mengenai pelaksanaan dan permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan program Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi, Afirmasi Pendidikan Tinggi, Peningkatan Potensi Akademi dalam dan luar negeri, dan program sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar dan tertinggal dan apapun jenis beasiswa yang berasal dari APBN dan APBD.

Dalam kesempatan yang sama, beberapa rektor yang hadir menyampaikan permasalahan yang dihadapi, misalnya beasiswa Bidikmisi terkait nominal di berikan kepada mahasiwa yang perlu ditambah. Mengingat sejak tahun 2010 penerima beasiswa hanya menerima dana sebesar Rp1 juta per bulan sementara inflasi terus meningkat.

Kunjungan ini diikuti oleh anggota Komisi X DPR, di antaranya Puti Guntur Soekarno (Fraksi PDI Perjuangan), Esti Wijayanti (Fraksi PDI Perjuangan), Popong Otje Djunjunan (Fraksi PG), Merlinda Irawati (Fraksi Golkar), Krisna Mukti (Fraksi PKB), Sohibul Iman (Fraksi PKS) dan Yayuk Sri Rahayuningsih (Fraksi Nasdem). 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI