Anggota DPR Sedih Lihat Perpustakaan Provinsi Jambi

Siswanto | Agung Sandy Lesmana
Anggota DPR Sedih Lihat Perpustakaan Provinsi Jambi
Anggota Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi prihatin dengan kondisi perpustakaan Provinsi Jambi. [DPR]

Dwita mengatakan perpustakaan tersebut saat ini terkendala dana dari APBD.

Suara.com - Anggota Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi prihatin dengan kondisi perpustakaan Provinsi Jambi. Menurutnya perpustakaan ini perlu banyak perbaikan agar menjadi ikon Kota Jambi.

Dwita mengatakan perpustakaan tersebut saat ini terkendala dana dari APBD. Dana dari APBD katanya hanya Rp3 triliun, itu pun belum dibagi ke kabupaten-kabupaten.

"Kami di Komisi X akan mendorong pembangunan fisik maupun non fisik yang dibutuhkan perpustakaan ini. Tapi untuk sementara dimaksimalkan terlebih dahulu yang ada, coba dibuat program agar menarik pengunjung, apalagi lokasinya dekat dengan kampus dan sekolah," ujar anggota Fraksi Gerindra ketika mengunjungi perpustakaan Provinsi Jambi.

Akses ke lokasi perpustakaan, katanya, juga tidak bagus. Menurut Dwita diperlukan relokasi tempat. Dia juga heran untuk selevel perpustakaan provinsi harusnya sudah e-library.

"Kita mengharapkan setelah selesainya bangunan Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka. Pemerintah pusat bisa membangun gedung baru disini. Jika seandainya RUU Sisbuk ini sudah disahkan, yang pasti perhatian terhadap perpustakaan di daerah lebih baik" kata politisi dari dapil Lampung II.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Provinsi Jambi Syamsurizal mengatakan lokasi perpustakaan memang sulit dijangkau.

Dulu pernah ada rencana dibangun enam lantai di daerah Citra. Tapi entah kenapa akhirnya senyap, tidak ada tindaklanjutnya, mungkin karena kemampuan APBD yang minim, kata dia.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI