Alexa

Hadiri Sidang APA ke-9, Delegasi DPR Tiba di Siem Reap Kamboja

Fabiola Febrinastri
Delegasi Parlemen DPR RI menghadiri Asian Parliamentary Assembly (APA) The 9thPlenary Session, di Siem Reap, Kamboja 27 November-2 Desember 2016. (dok: DPR)
Delegasi Parlemen DPR RI menghadiri Asian Parliamentary Assembly (APA) The 9thPlenary Session, di Siem Reap, Kamboja 27 November-2 Desember 2016. (dok: DPR)

Kedatangan delegasi Indonesia disambut Dubes Indonesia untuk Kamboja.

Suara.com - Delegasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tiba di Siem Reap, Kamboja, Minggu (27/11/2016) malam waktu setempat. Kehadiran para delegasi ini untuk mengikuti Sidang Asian Parliamentary Assembly (APA) ke-9 yang kali ini dihadiri 19 parlemen dari 42 negara anggota.

Delegasi Parlemen Indonesia berjumlah 4 orang, dipimpin Wakil Ketua BKSAP DPR, Juliari P Batubara (F-PDI Perjuangan), serta anggota BKSAP, Dave Akbarshah Fikarno (F-PG), Sartono (F-PD), dan M. Arief Suditomo (F-Hanura). Kedatangan Delegasi Parlemen Indonesia itu disambut oleh Dubes Indonesia untuk Kamboja, Pitono Purnomo.

Acara sidang APA ke-9 sendiri akan dilaksanakan secara resmi mulai Senin (28/11/2016) waktu Kamboja, di Sokha Siem Reap Resort and Convention Center, Siem Reap. Sidang direncanakan akan berlangsung hingga 2 Desember 2016.

Menurut salah seorang delegasi DPR, Arief Suditomo kepada Parlementaria, baginya sidang APA merupakan sebuah forum dimana para anggota parlemen dari negara-negara di Asia melakukan konsolidasi terhadap isu-isu regional dan global.

Karena dalam faktanya, kata Anggota BKSAP DPR itu, Indonesia harus banyak mendapatkan dukungan dan kerja sama dengan negara lain dalam berbagai macam forum-forum internasional, multilateral dan bilateral.

“Misalnya isu tentang pembangunan kembali Gaza. Ada isu tentang hal-hal yang pada dasarnya bisa diadopsi dari bagian-bagian legislasi nasional, misalnya perlindungan data pribadi di internet, dan itu merupakan suatu hal yang ada baiknya juga kita perjuangkan bersama sebagai komitmen regional,” terang Arief.

Lebih lanjut, tambah Arief, forum Sidang APA juga merupakan salah satu forum yang sangat ideal untuk melakukan lobi-lobi, agar anggota parlemen bisa saling memperkuat, mengkonsolidasikan sikapnya, untuk pada akhirnya dibawa ke negara masing-masing dan dijadikan bagian pembentukan kebijakan luar negerinya.

“Saya pikir ini merupakan forum yang sangat tepat dan harus bisa diikuti oleh forum-forum internasional lainnya,” pesan politisi asal dapil Jawa Barat itu.

Sebagaimana diketahui, APA merupakan forum antar parlemen di kawasan Asia yang bertujuan untuk mendorong kerja sama dalam penyelesaian isu yang menjadi perhatian bersama.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS