Ketua DPR: Jelang Puasa, Harga Sembako Stabil

Siswanto | Tri Setyo
Ketua DPR: Jelang Puasa, Harga Sembako Stabil
Ketua DPR Setya Novanto dialog dengan pedagang di Pasar Modern BSD City, Tangerang Selatan, Banten [suara.com/Tri Setyo]

Ketua DPR mengaku tidak mau terlena dengan kestabilan harga pasar sekarang.

Setelah mengunjungi dua pasar, yakni Pasar Induk Kramatjati di Jakarta Timur dan pasar modern BCD City di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (16/6/2015), Ketua DPR Setya Novanto mengatakan tidak ada lonjakan harga pangan secara signifikan menjelang bulan Ramadan.

Kalaupun ditemukan sejumlah bahan pangan harganya naik, kata dia, kenaikannya masih dalam taraf wajar, hanya sekitar tiga sampai lima persen.

Namun, Ketua DPR mengaku tidak mau terlena dengan kestabilan harga pasar sekarang. Ia bersama jajaran akan terus memantau harga kebutuhan pangan.

"Kita akan pantau terus perkembangan harganya, jangan sampai nanti masyarakat dirugikan," kata pimpinan DPR dari Fraksi Golkar.

Setya juga membeberkan harga pangan di pasar BSD City. Beras berkisar Rp11 ribu per kilogram, daging ayam Rp28 ribu per kilogram, telur ayam sekitar Rp25 ribu per kilogram, dan daging sapi sekitar Rp120 ribu per kilogram.

Ketua DPR mengakui adanya perbedaan harga antara Pasar Kramatjati dan pasar BSD City. Menurutnya hal ini terjadi karena di Kramatjati, pedagang membeli langsung dari petani, sedangkan di pasar BSD City, mereka membeli dari pasar induk, harga menjadi mahal lagi karena untuk modal biaya transportasi.

Setya berharap stabilitas harga tetap bertahan sampai Idul Fitri.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI