Komisi VI DPR Puji Pembentukan Depo Bapok Pemerintah

Siswanto | Tri Setyo
Komisi VI DPR Puji Pembentukan Depo Bapok Pemerintah
Ilustrasi rapat paripurna DPR [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Ia juga berharap pembentukan depo tersebut dapat dilanjutkan di daerah-daerah lain.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi VI DPR Heri Gunawan mengapresiasi pembentukan Depo Bapok (barang pokok) di 10 pasar strategis di Jakarta oleh pemerintah.

"Pembentukan 10 depo itu bagus itu, penting. Setidaknya, itu bisa meredam kepanikan akibat fluktuasi harga Bapokting (barang pokok dan penting)," kata Heri di gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Ia juga berharap pembentukan depo tersebut dapat dilanjutkan di daerah-daerah lain.

"Saya harap intervensi seperti itu perlu dilakukan di pasar-pasar strategis di seluruh Tanah Air. Keberadaan Depo Bapok tersebut bisa memangkas (cut off) rantai pasokan komoditas yang panjang dan rawan distorsi. Sehingga, harga yang diterima konsumen bisa lebih stabil, dan akhirnya, inflasi bisa dikendalikan," katanya.

Lebih jauh, politisi Gerindra ini juga berharap langkah pengendalian harga lewat pembentukan Depo Bapok dapat secara masif dilakukan oleh pemerintah.

"Saya berharap, langkah-langkah nyata pengendalian harga seperti ini bisa masif dilakukan. Tidak hanya itu saja, pemerintah perlu membuatkan harga khusus dan harga subsidi Bapok menjelang Idul Adha. Tapi, sebisa mungkin jangan impor, langkah importasi adalah jalan terakhir," katanya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI