Imam Suroso Dorong Hak Paten Kelapa Kopyor

Adhitya Himawan
Imam Suroso Dorong Hak Paten Kelapa Kopyor
Gedung MPR/DPR/DPD di Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (17/4/2016). [Suara.com/Adhitya Himawan]

Anggota DPR Imam Suroso mendorong pemberikan hak paten untuk kelapa kopyor yang merupakan hasil perkebunan asli kabupaten Pati, Jawa tengah.

Anggota DPR Imam Suroso mendorong pemberikan hak paten untuk kelapa kopyor yang merupakan hasil perkebunan asli kabupaten Pati, Jawa tengah. Menurutnya hal ini perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak didahului oleh negara lain, karena berhembus kabar akan di klaim oleh Negara Filipina.

 “Jika ada usaha untuk mengklaim hasil perkebunan asli kita, maka langkah dan usaha kita adalah dengan segera mempatenkannya. Sebab kalau aset ini dibiarkan maka akan diambil dan diklaim menjadi hak paten negara lain, padahal ini adalah peninggalan leluhur kita yang luar biasa untuk bisa kita kembangkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/8/2016).

Ia akan membawa hasil kunjungannya tersebut ke rapat terbatas di DPR RI, agar ada anggaran  tersendiri untuk pengembangan kelapa kopyor. Imam Suroso juga akan membantu mencarikan investor, bahkan dirinya juga siap berinvestasi demi pengembangan kelapa kopyor tersebut.

Kelapa kopyor di Indonesia memang telah dihasilkan di beberapa daerah, tetapi untuk jenis kelapa kopyor yang paling terkenal akan kualitasnya dan telah melalui tahap penelitian BALITBANG adalah jenis Kelapa Kopyor Genjah dari kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jenis kelapa kopyor genjah Pati memiliki ciri fisik yang lebih kecil dari tipe kelapa dalam. Tetapi untuk rasa kelapa kopyornya jauh lebih enak daripada kelapa kopyor yang dihasilkan dari tipe kelapa dalam.

Kelapa kopyor genjah Pati dikembangkan oleh warga sekitar dengan cara sistem generatif (indukan) yang memiliki kualitas unggulan. Dan hasil pengembangan tersebut dalam bentuk bibit dan yang sudah ditanam menunjukkan keberhasilannya dengan menghasilkan kualitas bibit keturunan yang baik.

Tayu adalah sebuah daerah kecamatan di kabupaten Pati yang menjadi sentra pengembangan kelapa kopyor genjah Pati. Dari tahun ke tahun, permintaan buah dan bibit kelapa kopyor dari luar daerah semakin meningkat. Harga jual dari buah dan bibit kelapa kopyor juga sangat tinggi.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI