Hari Listrik Nasional, DPR: Elektrifikasi Naik, Daya Saing Memba

Siswanto | Bagus Santosa
Hari Listrik Nasional, DPR: Elektrifikasi Naik, Daya Saing Memba
Anggota Komisi VII DPR Rofi Munawar [Fraksi PKS]

Dengan adanya peningkatan elektrifikasi nasional, akan berkorelasi pada meningkatnya daya saing bangsa.

Dalam rangka Hari Listrik Nasional, anggota Komisi VII DPR Rofi Munawar menilai program elektrifikasi nasional masih belum tercapai, serta diversifikasi energi belum berbasis pada Energi Hijau.

Sebab, menurut Rofi, dengan adanya peningkatan elektrifikasi nasional, akan berkorelasi pada meningkatnya daya saing bangsa. 

"Hari listrik seharusnya menjadi momentum bagi PLN secara konsisten meningkatkan kecukupan pasokan listrik, pengenaan tarif listrik yang berorientasi kepada kemampuan masyarakat dan keseimbangan penggunaan batubara, gas, energi terbarukan serta konservasi energi," kata Rofi Munawar di Senayan, Jakarta.

Legislator PKS asal Jawa Timur memberikan alasan, program listrik 35 ribu MW yang dijagokan Pemerintah dalam mengentaskan kekurangan listrik, secara faktual, masih jauh dari target yang telah ditargetkan. Program ambisius tersebut, masih terkendala pada masalah teknis dan non teknis dalam prosesnya. 

"Saya khawatir realisasi program 35 ribu MW akan lebih buruk nasibnya dibandingkan program 10 ribu MW. Beragam peresmian yang dilakukan harus dibarengi dengan komitmen menyelesaikan proyek tersebut hingga akhir, agar tidak mangkrak,” kata Rofi.

Rofi juga memandang komitmen pemerintah dalam mengeksplorasi sumber listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) belum maksimal. Hal ini terbukti dari angka yang masih sangat rendah dalam komposisi energy mixed dibandingkan fosil dan batubara. 

"Bukti bahwa pemerintah lebih mengejar pertumbuhan listrik secara instan, dibandingkan mendorong energi hijau yang lebih berkelanjutan," kata Rofi.

Pemerintah menurunkan target porsi bauran pembangkit listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT) dan menggantikannya dengan gas bumi dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik PT. PLN (Persero) tahun 2016-2025. Meskipun porsi batubara berubah menjadi 50 persen dari semula 55,5 persen. Tapi porsi EBT turun menjadi 19,6 persen dari semula 25 persen dan untuk gas meningkat menjadi 29,4 persen dari semula 24,3 persen. 

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menargetkan tahun ini rasio elektrifikasi atau akses listrik secara nasional mencapai 90 persen. Padahal, rasio elektrifikasi Indonesia secara nasional pada tahun 2015 ditargetkan sekitar 87,4 persen dan realisasinya di angka 88,5 persen.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI