Pemerintah Harus Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Fabiola Febrinastri
Pemerintah Harus Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina
Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong. (Sumber: Istimewa)

Lobi politik harus digencarkan.

Suara.com - Agresi dan kekerasan yang dilakukan militer Israel terhadap rakyat sipil Palestina harus segera dihentikan. Penderitaan rakyat Palestina seperti tak berkesudahan.

Pemerintah Indonesia pun diimbau terus perjuangkan kemerdekaan Palestina.

Dalam bentrok beberapa waktu lalu, militer Israel kembali menyerang masyarakat sipil Palestina di perbatasan Gaza-Israel. Rakyat Palestina sedang memperingati Gerakan Pulang Raya, sebuah gerakan yang menyerukan semua orang Palestina di seluruh dunia agar kembali ke tanah kelahirannya.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong, mengatakan, lobi politik harus digencarkan untuk mengembalikan kemerdekaan dan menghentikan penderitaan rakyat Palestina.

“Rakyat Palestina selalu teraniaya dalam beberapa tahun terakhir. Mereka berjuang untuk mendapatkan tanah dan negaranya yang sah, tapi banyak hambatan. Kita dorong pemerintah Indonesia agar berjuang di PBB, supaya Palestina secepatnya dinyatakan jadi negara merdeka, sehingga hak-hak mereka dapat dipulihkan kembali,” kata Ali, yang ditemui di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Menurut politisi PAN ini, sejak Israel menganeksasi Palestina tahun 1948, rakyat Palestina terus terdesak keluar dari tanah airnya sendiri. Namun, Israel sendiri sebetulnya negara yang serba ketakutan dan gelisah.

Negara ini dalam sejarahnya timbul tenggelam.

“Parlemen mendoakan, sesegera mungkin negara Palestina segera berdiri. Saya sejak muda selalu prihatin mengikuti perkembangan masyarakat Palestina. Anak, orangtua, dan wanita jadi korban,” ucap Ali.

Pemerintan Amerika Serikat juga, imbau Ali, jangan melulu membela Israel jika kejahatan Israel begitu nyata dan terus dilakukan. Sebagai negara yang selalu menjunjung tinggi demokrasi dan HAM, mestinya AS menentang kekerasan yang selalu dilakukan Israel, karena bertentangan dengan prinsip-prinsip hukum internasional, kemanusiaan, budaya, dan agama.

Mengomentari peran dan sikap Indonesia selama ini terhadap Palestina, Ali menilai, di luar negara Arab, Indonesia adalah negara yang paling progresif, baik rakyat, parlemen, dan pemerintahnya dalam mendukung habis perjuangan Palestina.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI