Pimpinan DPR Dukung Pembentukan Pansus First Travel

Arsito Hidayatullah | Dian Rosmala
Pimpinan DPR Dukung Pembentukan Pansus First Travel
Sejumlah korban First Travel saat mendatangi DPR RI. [Suara.com/Bagus Santosa]

Para korban First Travel sudah beberapa kali datang mengadu ke Komisi III DPR.

Suara.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah yang akan diambil Komisi III DPR untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) dalam menyelesaikan persoalan penipuan yang dilakukan biro perjalanan haji dan umrah First Travel terhadap para jamaahnya.

Para korban First Travel beberapa kali datang ke Komisi III DPR untuk meminta pendampingan dalam menyelesaikan masalah yang tengah mereka hadapi. Komisi III kemudian berinisiatif hendak membentuk Pansus untuk menyelesaikan masalah itu.

"Kami pimpinan DPR RI mendukung langkah-langkah itu. Jadi segera saja dibentuk (Pansus). Akar persoalan ini bukan persoalan yang sekali dua kali, tetapi terus-menerus, yang tidak bisa diselesaikan secara permanen," kata Bambang di DPR, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Lebih jauh, Bambang mempertanyakan kinerja Kementerian Agama, utamanya dari sisi pengawasan.

Terkait persidangan yang kini sudah berjalan di pengadilan, menurut mantan Ketua Komisi III DPR ini tidak masalah. Baginya, Pansus yang dibentuk oleh DPR adalah hal berbeda dari proses persidangan yang berjalan di pengadilan.

Salah satu tujuan Pansus ini, menurut Bambang, adalah sebagai langkah pencegahan agar kejadian serupa tak terulang lagi.

"Soal pengadilan sedang berjalan, itu soal lain. Kita mencegah supaya tak terjadi lagi bentuk-bentuk penyimpangan atau penipuan yang hampir sama. Dan itu sudah berlangsung, banyak kasus yang kita temui, tapi terus saja muncul kasus-kasus berikutnya," kata Bambang.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI