Sulut Terapkan SDGs untuk Sejahterakan Rakyat

Fabiola Febrinastri
Sulut Terapkan SDGs untuk Sejahterakan Rakyat
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf, saat memimpin tim kunjungan kerja BKSAP ke Manado, Sulut, Kamis (5/4/2018). (Sumber: Istimewa)

SDGs merupakan agenda pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia.

Suara.com - Perkembangan Sustainable Development Goals (SDGs) di Provinsi Sulawesi Utara dinilai cukup baik. Beberapa diantara capaian tersebut adalah penurunan angka kemiskinan, pendidikan bagi kaum perempuan dan pelayanan akses kesehatan.

Demikian penilaian yang disampaikan Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf, saat memimpin tim kunjungan kerja BKSAP ke Manado, Sulut, Kamis (5/4/2018).

Nurhayati menjelaskan, SDGs merupakan agenda pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan pada sektor sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup. SDGs diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integritas, dan inklusif.

Dalam SDGs, tidak ada seseorang pun yang terlewatkan atau ‘No-one Left Behind’.

“Kami melihat sudah banyak yang dicapai, misalnya penurunan angka kemiskinan, penurunan gini rasio, tingkat pendidikan gender equality atau pemberdayaan perempuan, dan kesehatan,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Ia menambahkan, BKSAP ingin agar Sulut meningkatkan peran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk mengoptimalkan ekspor impor. Depo bahan bakar SPBU di perbatasan harus segera dibangun.

“Walaupun Sulut dikelilingi laut, tetapi bahan bakunya masih impor. Saya berharap agar pemerintah pusat bisa memberi kelonggaran dan kemudahan kepada Sulut yang dikelilingi laut untuk kemakmuran rakyat di daerahnya,” tutup politisi dapil Jawa Timur V ini.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, yang menerima delegasi Panja SDGs BKSAP DPR RI mengatakan, kunjungan ini diharapkan membawa solusi bagi Sulut yang ingin mencapai target SDGs. Sulut ingin meningkatkan sektor perikanan dan ekspor impor dengan mengoptimalkan Pelabuhan Internasional Bitung.

Saat ini, Sulut telah menetapkan beberapa program prioritas daerah yang sinergis dengan tujuan SDGs. Ia mencontohkan, program itu meliputi pembangunan pendidikan, pembangunan kesehatan, infrastruktur, pengembangan wilayah, kedaulatan pangan, peningkatan daya saing investasi, pembangunan pariwisata, dan pengelolaan bencana dan mitigasi iklim.

SDGs sendiri terdiri dari 17 tujuan dan 169 target dalam melanjutkan upaya pencapaian Millenium Development Goals (MDGs), yang berakhir pada 2015.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI