Komisi IV Segera Cari Jalan Keluar Persoalan BPNT

Fabiola Febrinastri
Komisi IV Segera Cari Jalan Keluar Persoalan BPNT
Kunker pelaksanaan program BPNT terhadap KPM bersama tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI, di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (12/4/2018). (Sumber: Istimewa)

Program ini perlu dievaluasi.

Suara.com - Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Handoyo, menyayangkan banyaknya laporan kerap tidak adanya saldo di dalam kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dimiliki oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Persoalan ini diduga karena tidak validnya data yang dimiliki oleh Kementerian Sosial.

“Ya, memang ini cukup kita sayangkan, kenapa data 2015 digunakan untuk 2017. Tentu ini menjadi satu masalah klasik kita bersama. Data yang selalu jadi persoalan. Nah, ini menjadi bahan evaluasi yang kita berikan kepada pemerintah, jangan sampai ini terulang kembali," ungkapnya, saat meninjau secara langsung pelaksanaan program BPNT terhadap KPM bersama tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI, di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (12/4/2018).

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, jika data kemudian dievaluasi, dan dilakukan tune-in di program BPNT, ternyata ditemukan ada kendala sehingga terjadi data ganda dari sisi pendataan, maka hal itu yang menyebabkan tidak adanya saldo di dalam kartu BPNT saat proses penarikan. Hal inilah yang menurut Rahmat, perlu di evaluasi.

“Jadi kita sayangkan. Tetapi paling tidak dengan adanya evaluasi tadi, saya kira ada keinginan yang kuat dari pemerintah, khususnya Kemensos maupun dari pelaksana dari kartu itu, Bank BRI, akan segera mengambil keputusan untuk mencari solusi. Saya percaya, itu akan bisa terselesaikan dengan cepat,” paparnya.

Rahmat juga menambahkan, yang paling pasti adalah adanya evaluasi, yaitu ditemukannya beberapa kendala, kelemahan, dan ketidaktepatan sasaran, yang menjadi amunisi utama bagi Komisi IV DPR RI dan pemerintah untuk duduk bersama, mencari jalan keluar terbaik.

“Titik optimal sampai pelaksanaan, sampai berhasil dengan yang diharapkan dan tepat sasaran, masyarakat menerima dengan nyaman, dan tepat waktu, itu yang pantas kita kedepankan untuk program non tunai ini,” harapnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI