DPR Harus Tekankan Akuntabilitas dan Transparansi dalam Tugas

Fabiola Febrinastri
DPR Harus Tekankan Akuntabilitas dan Transparansi dalam Tugas
Bamsoet, dalam Diskusi Publik "Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI", di Jakarta, Senin (7/5/18). (Sumber: Istimewa)

Berbagai kegiatan sebaiknya dipublikasikan kepada masyarakat.

Suara.com - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menekankan pentingnya akuntabilitas dan transparansi kepada setiap anggota DPR dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tak hanya itu, publikasi juga perlu dilakukan agar rakyat mengetahui apa saja yang dilakukan para wakilnya di parlemen.

"Saya minta para anggota dewan, agar mau membagi berbagai kegiatannya melalui media sosial pribadi maupun whatsapp group. Ini dilakukan agar publik bisa mengetahui kegiatan di DPR saat kunker atau di daerah pemilihan," ujar Bamsoet, dalam Diskusi Publik "Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI", di Jakarta, Senin (7/5/18).

Politisi Partai Golkar ini menuturkan, berbagai langkah perbaikan terus dilakukan DPR dalam rangka transformasi menuju parlemen modern. Melalui penerapan transparansi, teknologi informasi, dan representasi, DPR zaman now diharapkan akan lebih dekat lagi dengan rakyat.

"Saat ini, kita sedang membangun sistem agar berbagai kegiatan DPR RI, baik persidangan maupun kunjungan kerja, agar dapat diketahui rakyat secara real time melalui aplikasi DPR NOW yang bisa diinstal di handphone. Kita juga melakukan kerja sama dengan KPK dalam pelaporan LHKPN, dengan Dirjen Pajak dalam pelaporan pajak anggota, dan membuat website khusus laporan pengaduan masyarakat dalam rangka mewujudkan transparasi di DPR," terang Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR ini juga minta para anggota DPR turut melibatkan Biro Pemberitaan Parlemen dalam setiap aktivitas kedewanan, sehingga berbagai kegiatan bisa dipublikasikan melalui akun media sosial dan website resmi DPR RI, TV dan radio parlemen, maupun buletin dan majalah DPR RI.

"Tahun 2017, DPR RI menerima dua penghargaan untuk kategori Website dan Media Sosial dari ajang kompetisi public relations yang diselenggarakan majalah Public Relations. Kompetisi tersebut diikuti berbagai biro humas perusahaan swasta, BUMN, organisasi, lembaga kementerian, maupun pemerintah daerah. Ini membuktikan bahwa kinerja Biro Pemberitaan Parlemen sudah cukup bagus, dan tentu akan terus kita tingkatkan," kata Bamsoet.

Bamsoet mengapresiasi langkah Akbar Faisal dari Fraksi Nasdem, yang meluncurkan laporan kinerjanya sebagai anggota DPR dalam acara diskusi tersebut. Sebagai representasi rakyat, maka kinerja Akbar memang harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

"Saya kenal baik saudara Akbar Faisal. Beliau sosok yang sangat kritis. Pandangannya sangat tajam dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintah. Semua ia lakukan sebagai wujud pertanggungjawaban kepada konstituen yang memilihnya. Jika semua anggota DPR RI dapat melakukan hal yang serupa, tentu akan memperkuat kinerja dan citra DPR di mata publik," pungkas Bamsoet.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI