PDAM di Pontianak Mampu Penuhi 100% Kebutuhan Masyarakat

Fabiola Febrinastri
PDAM di Pontianak Mampu Penuhi 100% Kebutuhan Masyarakat
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus. (Sumber: Istimewa)

PDAM di Kota Pontianak memproduksi air bersih hingga 300 liter per detik.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, menyampaikan, 80 persen masyarakat Kota Pontianak sudah menggunakan air bersih dari PDAM Tirta Khatulistiwa. Saat ini, PDAM di Kota Pontianak itu mampu memproduksi air bersih hingga 300 liter per detik, sehingga mampu menyuplai air bersih pada 100 persen masyatakat Kota Pontianak.

“PDAM Tirta Khatulistiwa sudah mampu menyuplai air bersih hingga 100 persen di Kota Pontianak. Namun ke depan, PDAM perlu membuat rencana jangka panjang, karena penduduk di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan terus bertambah. Kebutuhan air bersih juga akan meningkat,” ujarnya, saat memimpin kunjungan kerja Komisi V ke PDAM Tirta Khatulistiwa, di Pontianak, Kalbar, Senin (30/4/2018).

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan itu minta agar PDAM mulai memikirkan rencana jangka panjang tersebut dari sekarang. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, maka diharapkan suplai air bersih dari PDAM pun mengikuti pertumbuhan jumlah penduduk.

“Kita sudah minta PDAM segera membuat perencanaan. Untuk yang sekarang hanya bisa 100 persen menyuplai air bersih dengan jumlah penduduk saat ini. Namun 10-15 tahun ke depan, jumlah penduduk tentu akan meningkat, maka cadangan-cadangan air bersih juga perlu disiapkan dari sekarang,” ungkapnya.

Pada 2018, PDAM Turta Khatulistiwa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk jaringan pipa induk besar, dengan anggaran sebesar Rp 30 miliar.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI