Ketua DPR: Indonesia Darurat Terorisme

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR: Indonesia Darurat Terorisme
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo. (Sumber: Istimewa)

Penjagaan di tempat-tempat ibadah perlu ditingkatkan.

Suara.com - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menegaskan, Indonesia sudah memasuki darurat terorisme, sebab serangan demi serangan masih terus terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

“Belum usai luka rusuh napi terorisme di Rutan Mako Brimob beberapa hari lalu, kini serangan terorisme kembali terjadi lagi di Surabaya. Indonesia sudah masuk darurat terorisme. Negara jangan lagi memberikan ruang bagi terorisme tumbuh subur di Tanah Air,” ujar Bamsoet, begitu ia biasa disapa.

DPR minta Badan Intelijen Negara (BIN) dan aparat Kepolisian segera mengusut tuntas motif dan pelaku pengeboman secara profesional, objektif dan seksama. Penjagaan di tempat-tempat ibadah juga perlu ditingkatkan, mengingat serangan terhadap tempat ibadah merupakan serangan terencana.

TNI juga harus bersatu membantu Polri dalam menumpas jaringan terorisme. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), sebagai badan yang bertugas mengatasi masalah terorisme, harus lebih aktif dan tegas mengantisipasi pergerakan terorisme.

“Saya atas nama DPR dan seluruh rakyat Indonesia kembali menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga korban. Saya juga minta masyarakat tidak terprovokasi dengan serangan bom yang terjadi, karena persoalan yang terjadi bukan konflik antar agama. Ini perbuatan orang-orang biadab tanpa prikemanusiaan yang tidak  perduli Anda beragama Kristen, Budha, bahkan Islam sekalipun. Mereka bunuh tanpa  ampun. Mereka seakan menikmati jeritan para korban dan tangisan anak-anak,” paparnya

Politisi dari Fraksi Partai Golkar ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk merapatkan barisan. Kinilah saatnya berjihad membela negara.

Tidak hanya itu, Bamsoet juga minta masyarakat turut aktif berpartisipasi melaporkan kepada aparat keamanan setempat jika menemukan atau mengetahui hal-hal yang mencurigakan.

“Masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh berita yang belum jelas kebenarannya. Saya minta tetap tenang dan mempercayakan sepenuhnya masalah pengamanan kepada aparat Kepolisian,” tegas mantan Ketua Komisi III DPR ini.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI