DPR: Diperlukan Sinergitas dalam Kelola Pemberitaan

Fabiola Febrinastri
DPR menerima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, di ruang rapat Pansus B, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5/2018). (Sumber: Istimewa)
DPR menerima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, di ruang rapat Pansus B, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5/2018). (Sumber: Istimewa)

Derasnya pemberitaan di media massa disebut menjadi tantangan.

Suara.com - Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR, Mohammad Djazuli, menjelaskan, perlu ada sinergi dalam mengelola pemberitaan di media. Derasnya pemberitaan di media massa disebut menjadi tantangan khususnya pada masing-masing unit kerja di sektor kementerian dan lembaga.

“Khusus di DPR, di bawah Biro Pemberitaan Parlemen terdapat Bagian Media Cetak dan Media Sosial (Medtaksos), yang bertugas mengelola pemberitaan di media cetak, media sosial dan website serta melaksanakan analisis media. Dalam menghadapi derasnya pemberitaan khususnya di DPR, ketiga bagian tersebut saling bersinergi dalam merespons isu dan informasi yang beredar secara luas di masyarakat,” jelas Djazuli, saat menerima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, di ruang rapat Pansus B, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Bagian Medtaksos, yang terdiri atas Subbagian Media Cetak, Subbagian Media Sosial dan Website, serta Subbagian Analisis Media, sama-sama memiliki peran penting dalam memberikan informasi seputar isu dan kegiatan dewan.

“Subbagian Media Cetak rutin menerbitkan majalah dan buletin yang terbit 12 kali dalam setahun, Subbagian Media Sosial dan Website menyiarkan informasi kegiatan, baik kegiatan Kesetjenan maupun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram resmi milik DPR. Subbagian Analisis Media bertugas melakukan analisis media cetak dan media siber, sehingga nantinya menghasilkan rekomendasi berita terkait isu yang beredar, kemudian hasil dari rekomendasi tersebut diteruskan langsung kepada pimpinan DPR,” ungkap Djazuli.

Ia menambahkan, informasi dan komunikasi di DPR bisa satu suara, khususnya terkait kebijakan dan langkah-langkah yang diambil oleh DPR dalam menanggapi sebuah isu terhadap pemberitaan di media massa.

“Nantinya masyarakat dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan informasi suatu kebijakan dan kinerja dari para anggota dewan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Kabupaten Bangka, Tedy Sudarsono, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya. .

“Di bagian Humas DPRD Kabupaten Bangka seringkali terjadi masalah terkait pengelolaan media. Di DPRD sendiri, tidak jarang ada kesulitan dan terjadi diskomunikasi terhadap pemberitaan ketika suatu isu atau berita diturunkan. Kami ingin belajar soal pelaksanaan pemberitaan sehingga nanti ke depan dapat dicarikan solusinya,” jelasnya.

Didampingi humas dan sejumlah staf kominfo Pemda Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Tedy mengaku senang dan berterima kasih atas penerimaan dan penjelasan informasi yang sudah diberikan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS