Komisi VI DPR Pastikan Stabilitas Harga Beras

Fabiola Febrinastri
Komisi VI DPR Pastikan Stabilitas Harga Beras
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dito Ganinduto. (Sumber: Istimewa)

Ketahanan pangan Indonesia saat ini terbilang cukup.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dito Ganinduto memastikan harga pangan ke masyarakat terjangkau, begitupun dengan harga dari produsen ke petani. Hal tersebut diungkapkanya di sela-sela rapat dengar pendapat (RDP) dengan Deputi BUMN Bidang Pangan, Kepala Bulog, dan PTPN, di ruang rapat Komisi VI DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018).

“Kami ingin memastikan stabilitas harga di bulan Ramadan, sekaligus menjelang Idul Fitri. Saya menilai, yang terpenting sekarang adalah menjaga harga beras ke konsumen bagus, begitu juga dengan harga dari petani ke produsen bagus, sehingga petani juga bisa tumbuh dengan baik. Dengan kata lain, kita tidak hanya ingin harga ke konsumen atau masyarakat murah, tapi malah memberatkan petani, tidak demikian. Kami ingin harga ke masyarakat murah, dan petani pun mendapat harga yang bagus juga,” ujar Dito kepada wartawan.

Dito menyampaikan hal tersebut menyusul informasi dari Kementerian Perdagangan yang akan kembali mengimpor 500 ribu ton beras. Pada kesempatan yang sama juga dijelaskan Kepala Bulog, Budi Waseso, ketahanan pangan Indonesia saat ini terbilang cukup.

“Tadi kami sudah mempertanyakan mengenai cadangan, mudah-mudahan sudah realtime, sehingga tidak ada perbedaan antara Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan maupun Bulog terkait masalah beras,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Politisi Fraksi Partai Golkar ini juga menyinggung masalah kualitas beras impor yang konon memiliki kualitas bagus, tapi tidak bisa diserap masyarakat, karena terkait selera masyarakat yang berbeda.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI