Komisi I Minta Lemhannas dan Wantannas Kreatif Sesuai Perannya

Fabiola Febrinastri
Komisi I Minta Lemhannas dan Wantannas Kreatif Sesuai Perannya
Anggota Komisi I DPR RI, Evita Nursanty. (Sumber: Istimewa)

Keduanya diharapkan dapat membawa suasana kondusif dalam masyarakat.

Suara.com - Anggota Komisi I DPR RI, Evita Nursanty, mempertanyakan fungsi Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) dan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di tengah suasana kehidupan bangsa saat ini yang sangat genting.

Evita minta Lemhannas dan Wantannas lebih kreatif berperan aktif sesuai tugas pokok dan fungsinya, yaitu menjaga ketahanan nasional. Banyaknya kasus terkait ketahanan nasional yang muncul ke permukaan harus cepat diantisipasi, karena akan menimbulkan perpecahan.

“Saya ngeri melihat situasi dinamika yang terjadi di masyarakat saat ini, mengenai isu intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Mereka goes to campus sekarang. Seharusnya Lemhannas dan Wantannas juga melakukan hal yang sama,” tegasnya, saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Lemhannas dan Wantannas, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2018).

Kedua lembaga ini diharapkan dapat membuat gebrakan dalam mengembalikan suasana kondusif dalam masyarakat. Evita mencontohkan, satu kegentingan lain mengenai banyaknya konflik kepentingan yang terjadi dalam dinamika partai politik di Indonesia.

“Sekarang, politik praktis kita sudah jauh dari empat pilar kebangsaan. Politisi-politisi kita  hanya mementingkan kekuasaan dibanding kesatuan NKRI. Mengakomodir segala cara untuk merebut kekuasaan. Sudah jauh dari politik beradab,” katanya.

Lemhannas dan Wantannas, menurut politisi dapil Jawa Tengah itu, memiliki banyak alumni cerdas dan memiliki banyak ide cemerlang. Mereka diharapkan bisa membantu memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat Indonesia.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI