Komisi V Apresiasi Kesiapan ASDP Hadapi Mudik Lebaran 2018

Fabiola Febrinastri
Komisi V Apresiasi Kesiapan ASDP Hadapi Mudik Lebaran 2018
DPR Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (7/6/2018). (Sumber: Istimewa)

PT ASDP menyiapkan 58 kapal untuk Lebaran 2018.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo, yang juga ketua kunjungan kerja Komisi V ke Provinsi Banten dan  Lampung mengapresiasi langkah PT. ASDP Indonesia Ferry Merak yang telah menyiapkan 58 kapal, dari total 70 kapal, untuk mudik Lebaran 2018.

Ia mengatakan, dari hasil peninjauan, ASDP Merak telah menyiapkan 6 dermaga dan mempercepat jam keberangkatan untuk menghindari penumpukan kendaraan pemudik di pelabuhan. PT ASDP melayani 4,2 juta pemudik tahun ini, yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak, Banten dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Tadi disampaikan bahwa ASDP Merak sudah siap untuk menghadapai libur Lebaran tahun ini dengan 58 kapal yang sudah memenuhi standar operasional. Untuk mengurangi penumpukan kendaraan di pelabuhan, ASDP juga sudah menyiapkan 6 dermaga dan mempercepat waktu keberangkatan,” jelas Sigit, di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (7/6/2018).

ASDP Merak juga sudah menambahkan pintu khusus kendaraan roda dua masuk ke dermaga dan memasang tenda untuk parkir kendaraan roda dua di pelabuhan. ASDP memperkirakan, 20.000 unit motor akan memenuhi pelabuhan pada H-3 dan H-2 lebaran.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu berharap, tahun depan ada penambahan satu dermaga agar bisa lebih mengatasi penumpukan penumpang.

“Mudah-mudahan di tahun depan ada penambahan satu dermaga untuk kapal yang menyeberang, sehingga jumlah kapal yang berangkat semakin banyak. Kami berharap, fasilitas di kapal pun disesuaikan dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM),” imbuh Sigit.

Kunjungan kerja ke Banten dan Lampung ini dalam rangka peninjauan persiapan sarana dan prasarana transportasi mudik Lebaran2018. Komisi V ingin memastikan semua pelayanan sudah siap dan tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi selama masa mudik Lebaran 2018.

Kunker ini juga diikuti Ketua Komisi V, Fary Djemy Francis (F-Gerindra) dan sejumlah anggota, diantaranya Bambang Haryo Soekartono (F-Gerindra), Sadarrestuwati (F-PDI Perjuangan), Rahmat Nasution Hamka (F-PDI Perjuangan), Willem Wandik (F-PD), Hartanto Edhie Wibowo (F-PD), Bakri Hm (F-PAN), Neng Eem Marhamah (F-PKB), Nurhasan Zaidi (F-PKS), Wardatul Asriah (F-PPP), Sahat Silaban (F-NasDem).

Tim Komisi V DPR RI juga didampingi oleh Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Operasi Basarnas Bambang Suryo Aji, dan beberapa mitra kerja terkait.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI