KPU Diminta Pastikan Logistik Pilkada Serentak Siap

Fabiola Febrinastri
KPU Diminta Pastikan Logistik Pilkada Serentak Siap
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan. (Dok: DPR)

Pilkada serentak akan digelar di 171 tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Suara.com - Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, minta Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai penyenggara Pilkada, untuk memastikan logistik Pilkada serentak, yang akan digelar Rabu (27/6/2018), sudah siap. Pilkada serentak akan digelar di 171 tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

“Jangan sampai karena ada persoalan logistik, kemudian pelaksanaan Pilkada serentak menjadi terganggu. Kita harap, penyelenggara Pilkada tak menemui kendala dalam persiapannya, khususnya logistik,” kata Taufik dalam keterangan persnya, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Ia juga berharap tak ada kekurangan ataupun kesalahan pada logistik, seperti salah distribusi atau salah cetak pada kertas suara. Menurutnya, logistik harus tepat waktu, tepat jumlah, tepat spesfikasi, dan tepat lokasi.

“Jangan sampai, ada perbedaan pemahaman antar panitia, atau bahkan kesenjangan kapasitas pengetahuan antar TPS. Pilkada Serentak sebelumnya bisa menjadi pembelajaran, agar penyelenggaraan Pilkada semakin baik ke depannya,” kata pimpinan DPR Bidang Ekonomi dan Keuangan itu.

Taufik minta, kini tak ada permasalahan lagi terkait daftar pemilih. Apalagi jika dikaitkan dengan perekaman KTP elektronik yang belum sepenuhnya tuntas.

Ia minta setiap warga negara yang berhak memberikan hak pilihnya dapat melakukan pencoblosan pada hari pemungutan suara itu.

“KPU harus maksimal memfasilitasi, agar setiap warga negara yang sudah memiliki hak pilih dipastikan dapat memberikan suaranya pada Pilkada serentak. Khusus bagi warga yang belum memiliki KTP-el atau hanya memiliki surat keterangan (suket), agar dapat terfasilitasi juga di hari pemungutan,” harap politisi PAN itu.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI