Sukses Asian Games, Sumsel Fokus Garap Pariwisata

MN Yunita
Sukses Asian Games, Sumsel Fokus Garap Pariwisata
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir. (Dok:DPR)

Banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di bumi Sriwijaya ini.

Suara.com - Pasca sukses menyelenggarakan Asian Games, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kini fokus mengembangkan industri pariwisata.

Hal ini pun rupanya mendapat dukungan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir.  Ia mendorong pengembangan industri pariwisata Sumsel karena memang banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di bumi Sriwijaya tersebut.

Tapi tentu butuh kebijakan politik untuk memulai mengembangkan industri pariwisata di Sumsel . Beruntungnya, saat ini ada sekitar 52 anggota DPR dari Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) dan warga Sumsel lainnya yang duduk di pemerintahan untuk menyusun regulasi itu.

“Saat ini industri pariwisata telah berhasil menggeser industri hutan, kebun, dan CPO/sawit. Industri pariwisata menduduki peringkat kedua nasional sebagai pengumpul devisa nasional tertinggi,” ungkap Hafisz saat diwawancara lewat pesan singkat, Rabu (14/11/2018).

Baca Juga: Angka Kelulusan CPNS 2018 Rendah, DPR: Perlu Ada Evaluasi

Dalam wawancaranya, legislator asal Palembang itu juga berharap cita-citanya menjadikan Sumsel sebagai industri pariwisata bisa segera terwujud.

Sebab menurutnya ada banyak potensi yang bisa diangkat untuk menyulap Sumsel menjadi industri pariwisata, seperti beragam kuliner dan kopi. Masih ada juga keindahan alam serta budaya, juga potensi Sumsel untuk membangun MICE (meeting, incentive, convention, and exebition).

Hafisz juga menambahkan untuk membangun industri pariwisata perlu infrastruktur yang memadai. Ini adalah kendala awal di Sumsel bila ingin membangun destinasi wisata yang mendunia. “Ada kendala, yaitu masih lemahnya moda transportasi inter-kabupaten/kota di Sumsel. Maka sebelum masuk ke industri pariwisata yang komplit di Sumsel perlu berbenah infrastruktur dahulu,” ungkapnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI