Dongkrak Pariwisata, Komisi X Perjuangkan Penambahan Anggaran

MN Yunita
Anggota Komisi X DPR, Popong Otje Djundjunan bersama Wakil Bupati Sukabumi. (Dok: DPR)
Anggota Komisi X DPR, Popong Otje Djundjunan bersama Wakil Bupati Sukabumi. (Dok: DPR)

Industri pariwisata pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Suara.com - Sudah semestinya jika masyarakat Kabupaten Sukabumi , Provinsi Jawa Barat Tuhan atas alam yang sangat indah. Sebab inilah yang menjadi modal dasar untuk pariwisata . Kabupaten ini menyimpan potensi luar biasa mulai pantai, Gunung Gede - Pangrango, lalu Situ Danau Cisaat, binatang langka penyu yang hanya ada di daerah-daerah tertentu saja. Serta satu lagi Geopark Ciletuh Palabuhanratu, destinasi yang sudah mendapat pengakuan UNESCO.

“Modal dasar ini sudah di depan mata, tinggal diolah untuk industri pariwisata yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Anggota Komisi X DPR RI, Popong Otje Djundjunan di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR ke Sukabumi, Jabar, Rabu (5/12/2018).

Modal untuk industri pariwisata sudah begitu melimpah di Sukabumi, pemasaran terbuka luas, tinggal pengolahannya. Tapi hendaknya diolah oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, sehingga bisa menjadi destinasi yang menarik dan mengundang masuknya wisatawan.

Mengenai usulan agar Geopark Ciletuh diangkat menjadi destinasi nasional, ia menyatakan mendukung sehingga harus disiapkan manajemen yang baik, didukung profesional muda. “Yang perlu disiapkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional. Di era milenial sekarang ini jangan mimpi pembangunan akan berhasil tanpa dukungan teknologi mutahir dan tenaga profesional,” tambahnya.

Sebagai destinasi yang diakui UNESCO, konsekuensinya adalah dukungan politik yang perlu ditunjukkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, ia menekankan sektor pariwisata harus mendapatkan ditangani secara profesional juga mendapat dukungan SDM yang handal. Sebab sektor ini akan menjadi pendukung pendapatan negara selain migas dan tambang.

“Termasuk dukungan anggaran. Sektor pariwisata dan pendidikan merupakan dua sektor yang saya perjuangkan supaya anggarannya terus meningkat, jangan sampai turun,” pungkasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS