Komisi I Pantau Kesiapan Kodam Siliwangi Dukung Pengamanan Pemilu

Fabiola Febrinastri
Komisi I Pantau Kesiapan Kodam Siliwangi Dukung Pengamanan Pemilu
Wakil Ketua Komisi I DPR Satya Widya Yudha saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I DPR RI ke Markas Komando Kodam III/Siliwangi, Bandung, Jabar. (Dok : DPR)

Nilai indeks kerawanan Jabar sebesar 47,27 dan Banten sebesar 47,88.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I untuk mengetahui kesiapan Kodam III/Siliwangi dalam mendukung pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, terutama di wilayah Jawa Barat. Pihaknya ingin mendapatkan informasi terkait dukungan pengamanan dari TNI di Jabar, sehingga perhelatan Pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang bisa berjalan dengan aman.

“Kunjungan ini dalam rangka meninjau kesiapan Kodam III/Siliwangi menghadapi Pemilu dan isu-isu yang harus diantisipasi, terutama isu konflik Pemilu, serta untuk mengetahui permasalahan keamanan lainnya yang dapat menghambat terlaksananya pelaksanaan Pemilu,” ungkap Satya di Markas Komando Kodam III/Siliwangi, Bandung, Jabar, Selasa (26/3/2019).

Dari hasil pertemuan dengan jajaran Kodam III/Siliwangi, diketahui Kodam III/Siliwangi sudah memetakan berbagai macam kerawanan yang akan menimbulkan kericuhan pada setiap tahapan pelaksanan Pemilu, termasuk saat masa kampanye hingga masa pelantikan. Kodam III/Siliwangi juga sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar, terkait tindakan yang sifatnya defensif ataupun responsif.

“Wilayah tugas Kodam III/Siliwangi inikan termasuk yang sangat luas, meliputi Provinsi Banten dan Jawa Barat. Markas Komando berada di Kota Bandung. Kodam III/Siliwangi setidaknya membawahi 4 Korem dan Satuan Tempur/Bantuan Tempur di wilayah Banten dan Jawa Barat,” jelas politisi Partai Golkar itu.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Kaji Peraturan Menteri Keuangan

Satya menambahkan, berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dari Bawaslu dan Polri, Jabar dan Banten tidak tergolong dalam kondisi sangat rawan. Nilai indeks kerawanan Jabar sebesar 47,27 dan Banten sebesar 47,88.

Parameter indeks kerawanan sedang bernilai 33,01 sampai 66,00. Keduanya termasuk sebagai daerah tingkat kerawanan sedang.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI