e-Library Bisa Jadi Alternatif Atasi Kekurangan Buku di Daerah

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
e-Library Bisa Jadi Alternatif Atasi Kekurangan Buku di Daerah
Anggota Komisi X DPR RI Marlinda Irwanti. (Dok : DPR).

Pemerintah pusat tidak harus mengirimkan buku secara fisik, melainkan bisa berbentuk digital.

Suara.com - Anggota Komisi X DPR, Marlinda Irwanti menilai, ada beberapa alternatif solusi yang bisa dilakukan dalam mengatasi kekurangan buku di beberapa daerah. Salah satu altenatif yang dilakukan adalah digitalisasi, menggunakan e-Library atau perpustakaan digital.

Menurutnya, pemerintah pusat tidak harus mengirimkan buku secara fisik, melainkan bisa berbentuk digital.

“Kami menerima keluhan dari beberapa sekolah dan kampus terkait kekurangan buku di perpustakaannya. Masalah itu sebenarnya tidak hanya terjadi di Medan, Sumatera Utara ini saja, tapi juga di beberapa daerah lainnya di Indonesia,” ujar Linda, begitu Marlinda biasa disapa, usai mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi X DPR, ke Medan, Sumatera Utara, baru-baru ini.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini berharap, pemerintah menganggarkan program digitalisasi bagi setiap daerah. Bagaimanapun juga, WIFI dan koneksi internet menjadi salah satu kekuatan untuk menyejahterakan rakyat. Dengan begitu, masyarakat yang berada di desa pun tidak harus datang ke kota untuk bisa mendapatkan buku.

Baca Juga: DPR Siap Rampungkan Regulasi Pemindahan Ibu Kota pada 2020

Selain digitalisasi, menurut legislator dapil Jawa Tengah X itu, untuk meningkatkan minat baca di daerah sekaligus mengatasi kekurangan buku, juga bisa dilakukan dengan menambah perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling dengan menggunakan mobil atau motor bisa mendekatkan buku pada rakyat.

“Sebuah daerah bisa maju jika masyarakatnya bisa mengakses internet atau digital. Selain itu yang perlu ditambah juga adalah perpustakaan keliling. Sekarang modelnya buku yang mendatangi masyarakat, bukan hanya masyarakat yang mendatangi buku atau perpustakaan,” tegasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI