Bambang Soesatyo Dorong PSSI Segera Pilih Ketum Definitif

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Bambang Soesatyo Dorong PSSI Segera Pilih Ketum Definitif
Ketua DPR, Bambang Soesatyo saat menerima Komite Perubahan Sepakbola Nasional (KPSN), di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Jumat (31/5/2019). (Dok : DPR).

PSSI menjadwalkan KLB untuk memilih ketua umum yang dilakukan pada 25 Januari 2020.

Suara.com - Ketua DPR, Bambang Soesatyo mendorong Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) segera melakukan reformasi untuk meningkatkan kinerja kelembagaan. Ketiadaan kursi Ketua Umum PSSI definitif yang saat ini terjadi, harus segera dicarikan penggantinya melalui mekanisme peraturan yang berlaku.

Jangan sampai induk organisasi sepak bola Tanah Air ini seperti anak ayam kehilangan induk.

"Ketua Umum PSSI definitif yang dipilih secara langsung oleh para pemilik hak suara, diharapkan bisa melakukan perbaikan di berbagai lini. Jika induk organisasinya sudah sehat, berbagai infrastruktur pendukungnya juga akan sehat, mulai dari komite, klub, sponsor, pemain, sampai suporter, semua bisa ikut menciptakan ekosistem yang sehat bagi sepak bola Indonesia," ujar Bamsoet, saat menerima Komite Perubahan Sepakbola Nasional (KPSN), di ruang kerja Ketua DPR, Jakarta, Jumat (31/5/2019). 

Beberapa pengurus KPSN yang hadir antara lain, Suhendra Hadikunonto (Ketua Umum), Benny Erwin (Wakil Ketua), Devanda Aditya Putra (Bendahara), Yudi Irawan (Biro Hukum), Mery Yanto (Biro Hukum) dan Bramono (Biro Media).

Baca Juga: Ketua DPR Berpesan agar Pemudik Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Dalam pertemuan tersebut, KPSN sebagai wadah yang menghimpun para pemilik suara (voters) menyampaikan, saat ini sudah ada desakan dari 23 klub sepak bola agar PSSI segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih Ketua Umum PSSI yang baru. Nama-nama calon ketua umum juga sudah banyak bermunculan, mulai dari Sekretaris Utama LEMHANNAS, Komjen Pol Mochamad Iriawan, Bobby Nasution, Rahim Sukasa hingga Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

"PSSI menjadwalkan KLB untuk memilih ketua umum yang dilakukan pada 25 Januari 2020, sedangkan KPSN menampung aspirasi dari 85 pemilik suara yang ingin KLB dipercepat menjadi 13 Juli 2019, sehingga bisa mempercepat perbaikan di tubuh PSSI maupun keseluruhan kondisi sepak bola nasional," tutur Suhendra.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini menyambut positif keinginan KPSN untuk memperbaiki kondisi pesepakbolaan di Tanah Air. Niat baik tersebut juga harus dijalankan dengan cara yang baik, sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sudah terlalu lama PSSI larut dalam berbagai permasalahan, seakan tidak ada akhirnya. Momentum kali ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pengurus, klub, sponsor, maupun pendukung dan pecinta sepakbola. Jangan sampai ada kisruh lagi, yang pada akhirnya malah membuat sepak bola Indonesia diam di tempat atau bahkan malah mundur. Semua pihak harus bersatu, menjalankan aturan yang berlaku dan legowo terhadap apapun keputusan yang dihasilkan oleh para pemilik hak suara," pungkas Bamsoet. 

Baca Juga: Kembangkan Ekonomi Kreatif, DPR : Perlu Pembentukan Ekosistem dari Hulu


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI