Legislator Dukung Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Negara

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Legislator Dukung Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Negara
Anggota Komisi VII DPR, Ihwan Datu Adam. (Dok : DPR).

Kaltim termasuk provinsi yang diunggulkan bersama-sama dengan Kalimantan Tengah.

Suara.com - Anggota Komisi VII DPR, Ihwan Datu Adam, mengapresiasi pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Bersama DPD RI - DPR RI, khususnya berkenaan dengan rencana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia. Ihwan sendiri mengaku siap mendorong Provinsi Kalimantan Timur, atau yang lebih dikenal dengan sebutan "Benua Etam" untuk terpilih menjadi ibu kota negara menggantikan Jakarta.

“Saya berharap, Kalimantan Timur yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai ibu kota negara. Sebagai anggota DPR daerah pemilihan Kalimantan Timur, saya merasa terpanggil untuk ikut berperan agar pemindahan ibu kota negara bisa berjalan sukses,” kata Ihwan, usai agenda Rapat Paripurna DPR Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019 - 2020 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Namun menurutnya, jika ditanya kepada seluruh provinsi di Indonesia, apakah siap untuk menjadi ibu kota negara yang baru, maka semua pasti akan menyatakan kesiapannya.

“Hampir tidak ada satupun provinsi di Indonesia yang akan menolak untuk menjadi pusat pemerintahan negara, mengingat multiflier effect-nya yang sangat luar biasa, baik secara efek peningkatan ekonomi, peradaban sosial dan budaya, kondisi politik bahkan aspek pertahanan dan keamanan," tandasnya.

Baca Juga: Ini Tiga Kandidat Kuat Dari Gerindra untuk Isi Pimpinan Kursi DPR RI

Politisi Partai Demokrat itu menyampaikan, masyarakat Kaltim sangat bersyukur karena Kaltim termasuk provinsi yang diunggulkan bersama-sama dengan Kalimantan Tengah oleh pemerintah pusat. Saat ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sedang melakukan pengkajian lebih detail mengenai seluruh aspek di kedua provinsi ini.

“Ini kesempatan Kaltim untuk menampilkan seluruh yang terbaik. Salah satu keunggulan Provinsi Kaltim yang perlu ditonjolkan diantaranya mengenai kemampuan memasok kebutuhan energi bagi ibu kota negara. Kaltim adalah lumbung energi, maka hal itu menjadi keunggulan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain," tegas Ihwan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI