DPR Bahas Penyelesaian Papua dan Papua Barat dengan Pemerintah

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR Bahas Penyelesaian Papua dan Papua Barat dengan Pemerintah
Ketua DPR, Bambang Soesatyo. (Dok : DPR).

Selama lima tahun ini, kondisi di Papua dan Papua Barat relatif damai.

Suara.com - Ketua DPR, Bambang Soesatyo dan tim Pemantau Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat, akan segera meminta waktu bertemu Presiden Joko Widodo untuk melakukan rapat konsultasi membahas penyelesaian berbagai peristiwa yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Ini merupakan langkah konkrit DPR dalam membantu pemerintah pusat, agar kondisi di Papua dan Papua Barat bisa kembali kondusif.

"Tim DPR Pemantau Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat, yang terdiri dari anggota DPR dari Daerah Pemilihan Papua dan Papua Barat sudah berkunjung ke Surabaya. Sebagai wakil rakyat yang dipilih langsung oleh masyarakat Papua dan Papua Barat, mereka juga ingin berbagi pemahaman, sudut pandang, dan pemikiran dengan Presiden Joko Widodo untuk membuat Papua kembali stabil," ujar Bamsoet, usai menerima Tokoh Masyarakat Papua dan Papua Barat, di ruang kerja Ketua DPR, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat yang hadir, antara lain Laksama Madya TNI (purn) Fredy Numberi, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Sorong sekaligus seniman Edo Kondologit, dan mantan anggota DPR, Simon Patrice Morin. Turut hadir anggota DPD, Sabam Sirait, Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Tim DPR Pemantau Otsus Papua dan Papua Barat, Fadli Zon dan anggota DPR, Daerah Pemilihan Papua Barat, Robert Kardinal.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menilai, untuk menurunkan eskalasi di Papua dan Papua Barat, perlu ada pengusutan hukum yang tuntas terkait peristiwa di asrama mahasiswa asal Papua di Surabaya, dan kejadian yang menimpa mahasiswa Papua di Malang. Jika ada yang melanggar hukum baik dari pihak sipil, pejabat pemerintah daerah, maupun TNI/Polri, harus ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Lagi dan Lagi, 80 Persen Anggota DPR Bolos Paripurna, Titip Tanda Tangan

"Sebagai seorang guru bangsa, Gus Dur telah mengajarkan kepada Bangsa Indonesia bahwa perdamaian tanpa keadilan adalah ilusi. Jika keadilan ditegakan, perdamaian dengan sendirinya akan terwujud. Jangan biarkan peristiwa yang terjadi di Surabaya dan Malang menjadi pemantik yang membuat perdamaian di Papua dan Papua Barat menjadi terganggu," tutur Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menjelaskan, selama lima tahun ini, kondisi di Papua dan Papua Barat relatif damai. Perhatian pemerintah pusat juga sangat besar dalam mendorong percepatan pembangunan disana.

"Berbagai upaya sudah diakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi di Papua dan Papua Barat. Antara lain sampai dengan akhir 2018, pemerintah pusat telah membuka keterisolasian antar daerah dengan membuka jalan 3.103 kilometer dari target 3.259 kilometer di Papua dan 1.071 kilometer yang sudah selesai di Papua Barat. Pembangunan dan rehabilitasi di 15 pelabuhan untuk mendukung distribusi barang dan kegiatan ekonomi, serta pembangunan bandara baru seperti di Werur dan Koroway Batu. Rasio elektrifikasi PLN juga sudah tembus 72,04 persen dari sebelumnya hanya 30,48 persen di 2013," papar Bamsoet.

Tak hanya itu, DPR juga sudah melakukan berbagai diplomasi parlemen agar negara-negara dunia tidak salah persepsi dalam melihat Papua dan Papua Barat. Antara lain menyelenggarakan Indonesia Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) pada 23-24 Juli 2018, yang dihadiri 14 negara kawasan Pasifik.

DPR juga ikut serta dalam Pacific Exposition pada 11-14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru, yang diadakan Kedutaan Besar Republk Indonesia untuk Selandia Baru.

Baca Juga: Ketua DPR : LPSK Tidak Boleh Bubar karena Minim Anggaran

"Anggota DPR juga aktif membangun dialog dengan para tokoh politik luar negeri untuk meluruskan persepsi berbeda mereka tentang Papua dan Papua Barat. Kita sampaikan berbagai capaian pembangunan yang membuat Papua dan Papua Barat masa kini berbeda jauh dengan kondisi di masa lalu," tambahnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI