Anggota DPR dan DPD Terpilih Dibekali Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Anggota DPR dan DPD Terpilih Dibekali Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan
Ketua DPR, Bambang Soesatyo. (Dok : DPR).

Orientasi ini merupakan program yang secara rutin dilakukan setiap tahunnya.

Suara.com - Program Orientasi dan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Anggota DPR RI dan DPD RI bertujuan untuk memberikan informasi penting tentang peran dan tujuan DPR - DPD  dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Tidak hanya itu, program orientasi tersebut juga membekali calon anggota terpilih dengan landasan dasar tentang praktik serta prosedur di DPR dan di DPD.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR, Bambang Soesatyo, saat menjadi pemateri pada acara Program Orientasi dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi Anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019 - 2024, yang bekerjasama dengan Lembaga Ketahanaan (Lemhannas), di Birawa Assembly Hall, Bidakara, Pancoran, Jakarta, Senin (26/8/2019).

“Orientasi ini merupakan program yang secara rutin kita lakukan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang peran dan tujuan DPR - DPD  dalam sistem ketatanegaraan kita. Yang kedua, membekali calon anggota terpilih dengan landasan dasar tentang praktik serta prosedur di DPR RI dan di DPD RI. Yang terakhir, memberikan info terkini tentang perkembangan terbaru di DPR RI dan DPD RI,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, program seperti ini lazim dilakukan oleh berbagai parlemen di  dunia dengan sebutan induction program, namun program orientasi yang diselenggarakan parlemen Indonesia memiliki kelebihan, karena bekerja sama dengan lembaga pertahanan.

Baca Juga: Terima Surat Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota, DPR Akan Bawa ke Paripurna

“Bekal pengetahuan akan bertambah dan diperkuat dengan wawasan kebangsaan. Setelah mengikuti program orientasi ini diharapkan segera beradaptasi secara cepat dan berpartisipasi secara efektif dalam proses kegiatan kedewanan nantinya,” tutur Bamsoet.

Legislator dapil Jawa Tengah VII ini menegaskan, anggota DPR dan DPD terpilih periode 2019 - 2024, ke depan bisa terus bersinergi membangun bangsa dengan menghasilkan berbagai regulasi yang diharapkan rakyat, penetapan anggaran yang tepat sasaran dan pengawasan yang super ketat.

Program orientasi yang akan dilaksanakan 10 hari ini bukan hanya menyajikan ilmu pengetahuan saja, namun juga ilmu pengertian. Bila tidak diimbangi dengan ilmu pengertian, terkadang membuat lupa dan merasa pintar sendiri sehingga muncul lah intoleransi, ego sektoral dan sebagainya.

“Sekitar 5 tahun ke depan, kita terus bersinergi membangun bangsa ini menghasilkan berbagai regulasi yang diharapkan rakyat, penetapan anggaran tepat sasaran dan pengawasan yang super ketat. Bukan hanya ilmu pengetahuan, kita semua juga memerlukan ilmu pengertian. Karena, kadang kita lupa, kita merasa pintar tapi kita minus di ilmu pengertian sehingga muncul lah intoleransi, ego sektoral dan sebagainya,” pungkas Bamsoet.

Baca Juga: Komisi VIII DPR: Hukum Kebiri Cocok untuk Pelaku Kejahatan Seksual


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI