Wakil Ketua DPR Ajak ASEAN Pertahankan Perubahan Iklim

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Wakil Ketua DPR Ajak ASEAN Pertahankan Perubahan Iklim
Wakil Ketua DPR, Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Agus Hermanto. (Dok : DPR).

Indonesia sudah menuju energi yang bersih.

Suara.com - Wakil Ketua DPR, Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Agus Hermanto, mengajak negara-negara di ASEAN, terutama yang tergabung dengan Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), untuk mempertahankan perubahan iklim dengan terus membatasi temperatur dunia seusai dengan Paris Climate Conference (COP21).

"Kalau kita lihat, AIPA ini masih bermuara dari Sustainable Development Goals (SDGS), yang memang semua negara sepakat mempertahankan perubahan iklim menuju energi bersih," ujarnya, usai mengikuti pembukaan 40th General Assembly of  AIPA di Bangkok, Senin (26/8/2019).

Menurut legislator dapil Jawa Tengah I ini, apa yang sudah dilakukan di Indonesia sudah tepat. Indonesia sudah menuju energi yang bersih dan pelan-pelan meninggalkan fosil menuju energi terbarukan, bahkan ke depan, berpikir energi baru.

Agus juga menyoroti sampah maritim di kawasan ASEAN yang sudah sangat mencemari laut, yang sebelumnya juga disorot oleh Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, karena Thailand terkena langsung dampak pencemaran laut.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kaltim Ibu Kota Baru, JK: DPR dan Pemerintah yang Memutuskan

"Perdana Menteri mengimbau  negara-negara ASEAN fokus mengatasi sampah maritim, karena sampah-sampah ini  akan banyak menimbulkan akses perubahan iklim,"ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Prayut Chan-o-cha mengatakan, Thailand sebagai tuan rumah AIPA ingin mengatasi isu lingkungan hidup. Dalam KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, para pemimpin negara setuju mengadopsi Deklarasi Bangkok untuk mengatasi sampah laut di kawasan Asia Tenggara.

"Kami menyadari bahwa negara anggota ASEAN harus mengambil langkah nyata dan bekerja sama mengatasi permasalahan sampah maritim. Ini menjadi keprihatinan kita bersama, mengurangi sampah plastik, sampah laut dan maritim menjadi kepentingan kita bersama," jelasnya sembari mengajak memperkuat kerja sama kawasan dalam melindungi lingkungan hidup, dan berharap AIPA dapat menindaklanjuti deklarasi tersebut untuk kebaikan bersama.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI