Anggota DPR Dapil Papua Barat : Perlu Kanalisasi Isu Papua

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Anggota DPR Dapil Papua Barat : Perlu Kanalisasi Isu Papua
Anggota DPR, Dapil Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie. (Dok : DPR).

Masalah Papua sudah menjadi bola liar, sehingga perlu pengawasan.

Suara.com - Anggota DPR Dapil Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie mengungkapkan, pimpinan dewan perlu melakukan kanalisasi terhadap isu Papua dan Papua Barat, agar tidak dibicarakan oleh banyak pihak, termasuk untuk meminimalisir intervensi dari luar negeri.

Ia menilai, masalah Papua sudah menjadi bola liar, sehingga perlu pengawasan terhadap isu-isu yang kian berkembang.

“Masalah Papua sudah menjadi bola liar yang dimanfaatkan banyak pihak. Saya baru membaca, bagaimana pernyataan  Perdana Menteri Australia, lalu Komisi HAM PBB, dan saya khawatir ada pihak lain yang ikut mencampuri,” ujar Jimmy, saat menyampaikan interupsi pada Rapat Paripurna DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Jimmy mengusulkan agar pimpinan dewan  turut proaktif dalam melakukan rapat dengar pendapat dengan berbagai pihak untuk meminimalisir isu yang tidak benar terkait Papua.

Baca Juga: Ketua DPR Minta Menteri Koperasi dan UKM Hadir, Bahas RUU Perkoperasian

“Oleh karena itu, saya mengusulkan kepada pimpinan dewan untuk proaktif, apakah dalam bentuk rapat dengar pendapat atau bentuk lain, silakan mengundang gubernur dan tokoh-tokoh yang direkomendasikan untuk dialog. Jangan sampai pihak lain ikut campur,” tegas politisi PDI-Perjuangan itu.

Menurutnya, penyelesaiaan Papua harus dengan proaktif dan mengambil langkah agar cepat dikanalisasi karena ini sudah jadi bola liar. Ia mengatakan, tidak mau jika Papua mengikuti jejak Timor Leste.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR, Utut Adianto selaku pimpinan rapat paripurna mengungkapkan, pimpinan DPR telah memikirkan hal tersebut.

Salah satu langkah yang yang diambil adalah mengadakan diskusi tentang Papua pada Rabu, 11 September 2019, dengan mengundang berbagai tokoh adat Papua, termasuk anggota dewan dapil Papua dan Papua Barat. 

Baca Juga: Agus Rahardjo: DPR Jangan Gunakan Wewenang untuk Lumpuhkan KPK


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI