Komisi V : Pembangunan Bendungan Waeapo harus Selesai

Fabiola Febrinastri
Komisi V : Pembangunan Bendungan Waeapo harus Selesai
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo saat memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V di Provinsi Maluku. (Dok : DPR)

Bendungan Waeapo merupakan bagian dari program strategis nasional.

Suara.com - Pembangunan Bendungan Waeapo pengerjaannya terbilang lamban. Sudah dua tahun pembangunan berjalan, namun kemajuan fisik proyek bendungan tersebut baru 2,53 persen. Untuk itu, Komisi V DPR RI mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buru untuk segera menyelesaikan pembangunan Bendungan Waepo.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo saat memimpin pertemuan Tim Kunspek Komisi V dengan Wakil Bupati Buru Anus Besan beserta jajaran, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Ditjen Perhubungan Darat Provinsi Maluku Herman Armanda, DPRD Kabupaten Buru dalam rangka peninjauan Infastruktur dan Transportasi Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Kamis (5/9/2019).

“Kami sangat berkepentingan akan suksesnya kemajuan pembangunan Bendungan Waeapo. Proyek infrastruktur Bendungan Waeapo yang merupakan bagian dari program strategis nasional,” ujar Sigit sembari mengingatkan bahwasanya anggaran proyek Bendungan Waeapo ini adalah sebesar Rp 2,1 triliun.

Sigit yang merupakan salah satu supervisor pembangunan Bendungan Waeapo merasa geram karena didapati progress pembangunan bendungan baru mencapai 2,53 persen saja. “Kalau persentasenya seperti ini, apa yang bisa kami tinjau,” tukas legislator dapil Jawa Timur I itu.

Baca Juga: Ketua DPR : Pendekatan dari Hati, Solusi Permasalahan Papua

Dengan tegas, Ia meminta Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Haryono Utomo agar proyek strategis ini pengerjaannya dipercepat. Ia juga mengingkan adanya kunjungan kedua untuk melihat langsung Proyek Bendungan Waeapo ini. “Kepala Balai, sudah dua tahun progresnya masih dua persen. Kami berharap ada percepatan,” tegur Sigit.

Politisi F-PKS ini sempat menyinggung surat dari Ketua Komisi A DPRD Buru tanggal 26 Juni 2019 lalu yang meminta Komisi V DPR RI berkunjung dan melihat progres pembangunan Bendungan Waeapo. “Sebenarnya, kami ingin ke Bendungan Waeapo. Kami ingin melihat langsung infrastrukturnya, seberapa besar kemajuannya.. Kami berharap kunjungan kedua nanti, progres Bendungan Waeapo sudah lebih bagus,” pungkas Sigit.

Anggota Komisi V DPR RI yang turut hadir dalam pertemuan ini adalah Rendy M Affandy Lamadjido (F-PDI Perjuangan), Bambang Haryo Soekartono dan Subarna (F-Gerindra), Abdul Latif Hanafiah (F-PKB), Abubakar Wasahua (F-PPP) serta Sahat Silaban (F-NasDem).


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI