Indonesia dan Timor Leste Bahas Peningkatan Kerja Sama

Fabiola Febrinastri
Indonesia dan Timor Leste Bahas Peningkatan Kerja Sama
DPR RI dengan Parlemen Timor Leste. (Dok : DPR)

Kedua negara memiliki kedekatan sejarah, budaya, dan geografis.

Suara.com - DPR RI dan Parlemen Nasional Timor Leste sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan. Kedua pihak juga sepakat untuk mendorong penyelesaian perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Dalam press release yang diterima Parlementaria, Selasa (24/9/2019), Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengatakan, kunjungan muhibah DPR ke di Gedung Parlemento Nacional, Kota Dili, Timor Leste dalam rangka mempererat hubungan kerja sama antara kedua negara. Turut mendampingi, Ketua Komisi V DPR, Fary Djemi Francis.

“Kedua negara memiliki kedekatan sejarah, budaya, dan geografis. Hal itu memunculkan potensi yang sangat besar dalam kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan juga potensi kerja sama dalam bidang politik, pendidikan, kesehatan, dan kerja sama antar Parlemen,” ujar Fadli, usai diterima Ketua Parlemen Nasional Timor Leste, Arao Noe de Jesus da Costa Amaral.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, kedua parlemen juga saling mendukung dalam forum-forum parlemen internasional. Indonesia mendukung penuh keanggotaan resmi Timor Leste dalam ASEAN dan Organisasi Parlemen ASEAN (AIPA).

Baca Juga: Balik dari Timor Leste, 2 Tersangka Baru Kasus Joao Bosco Tertangkap

“Kami ucapkan selamat kepada Timor Leste, yang baru saja merayakan 20 tahun referendum sejak tahun 1999. Terima kasih juga atas penghargaan kepada Presiden RI ke-3, BJ Habibie. Kami juga telah mengunjungi jembatan yang diberi nama BJ Habibie,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, DPR sempat mengunjungi jembatan yang diberi nama BJ Habibie di Desa Bidau Sant'ana, Dili.

Fadli menegaskan, Timor Leste merupakan negara yang penting bagi Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, di tengah perekonomian dunia yang sedang menghadapi perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Potensi ekonomi dan perdagangan yang luar biasa perlu dimanfaatkan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI