DPR Tinjau Pengamanan Kompleks Parlemen Jelang Pelantikan Presiden

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR Tinjau Pengamanan Kompleks Parlemen Jelang Pelantikan Presiden
Pimpinan DPR RI saat meninjau kesiapan keamanan di sejumlah titik di Kompleks Parlemen. (Dok : DPR).

Tinjauan diawali dengan mengunjungi Media Center DPR RI di Gedung Nusantara III, sekaligus berbincang dengan para wartawan.

Suara.com - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang, Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsudin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmad Gobel melakukan tinjauan on the spot di sejumlah titik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Tinjauan diawali dengan mengunjungi Media Center DPR RI di Gedung Nusantara III, sekaligus berbincang dengan para wartawan.

Dengan mengendarai sendiri boogie car, Puan melanjutkan peninjauan dengan melihat kesiapan keamanan yang ada di pos Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) di gerbang depan Gedung Parlemen. Selain berbincang mengenai kesiapan dan jumlah petugas kepolisian yang diterjunkan jelang agenda pelantikan Presiden, Pimpinan DPR RI juga memberikan support dan dukungan berupa buah-buahan kepada aparat kepolisian yang sedang bertugas.

Tinjauan Pimpinan DPR selanjutnya yaitu mendatangi tenda-tenda prajurit TNI yang ikut bersiaga menjaga keamanan di Kompleks Parlemen. Sama halnya dengan yang dilakukan sebelumnya, selain berfoto bersama dan memberikan buah-buahan, Puan beserta Pimpinan DPR RI lainnya menyalami satu persatu prajurit TNI yang sedang bertugas tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyambangi ruang KK II, yakni tempat digelarnya acara pengarahan yang diberikan oleh Wakapolda Metro Jaya kepada seluruh aparat kepolisian yang bertugas di wilayah Kompleks Parlemen, terkait penyempurnaan proses pengamanan yang akan dilakukan jelang agenda pelantikan Presiden dan Wapres masa jabatan 2019-2024.

Baca Juga: Pimpinan DPR Fokus Persiapan Pelantikan Presiden dan Wapres

Pada kesempatan itu, Puan mengatakan, sebagai Ketua DPR RI yang baru dilantik, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas keamanan, baik TNI maupun Polri yang telah bertugas dengan baik dalam menjaga stabilitas keamanan Gedung DPR RI, sehingga acara pengambilan sumpah/janji Anggota DPR RI, termasuk Anggota MPR RI dan DPD RI pada 1 Oktober yang lalu bisa berjalan dengan lancar.

“Masih banyak PR (pekerjaan rumah-red) yang memerlukan dukungan dari pihak Kepolisian dan TNI yang saat ini masih bertugas di Gedung DPR ini. Kita harus tetap semangat dan tetap menjaga supaya pelaksanaan pelantikan Presiden pada tanggal 20 Oktober itu bisa berjalan secara kondusif,” pesan politisi PDI-Perjuangan itu kepada personel Kepolisian dan TNI.

Walaupun situasi dan kondisi di lapangan sangat berdinamika, Puan melihat soliditas dan sinergi Kepolisian dan TNI bisa tetap terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. “Semangat itu tentu saja harus kita kawal terus dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tetap semangat, tetap berjuang dan untuk NKRI harga mati kita lakukan termasuk menjaga kelancaran acara pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober yang akan datang,” tandasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI