Polemik Kesejahteraan Rakyat harus Diprioritaskan

Fabiola Febrinastri
Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Jimmy Demianus Ijie. (Dok : DPR)
Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Jimmy Demianus Ijie. (Dok : DPR)

Ada dua bidang kesejahteraan rakyat yang harus menjadi perhatian serius.

Suara.com - Anggota DPR RI Periode 2019-2024, Jimmy Demianus Ijie mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yang dilantik Minggu (20/10/2019), di Kompleks Parlemen. Ia mengingatkan, ada dua bidang kesejahteraan rakyat yang harus menjadi perhatian serius dalam mengarungi lima tahun ke depan, yaitu penyelesaian permasalahan HAM dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Ditemui Parlementaria di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019), Jimmy menegaskan persoalan HAM yang secara khusus mengacu kepada tragedi HAM di Wamena, Papua, beberapa waktu yang lalu, dapat diselesaikan segera agar tidak ada dendam yang dirasakan oleh masyarakat Papua kepada pemerintah Indonesia karena terus merasa dianaktirikan.

“Kami berharap persoalan pelanggaran HAM Papua yang sudah direkomendasikan oleh Komnas HAM agar segera diselesaikan, karena ini merupakan beban eksekutif dan legislatif. Apalagi kita terpilih dalam anggota Dewan Keamanan PBB, tapi itu adalah tantangan bagi kita untuk membuktikan bahwa negara kita serius dalam rangka menyelesaikan persoalan hak asasi manusia di Indonesia,” ungkapnya.

Politisi PDI-Perjuangan mengaku bahwa periode pertama Joko Widodo menjabat sebagai Presiden merupakan sebuah keberhasilan Indonesia dalam memanusiakan rakyatnya. Namun polemik kecil di akhir periode membuat semacam anti-klimaks seperti tragedi kemanusiaan di beberapa daerah.

Ia berharap keberhasilan yang sudah dilakukan pemerintahan Jokowi pada periode pertama dapat terus ditingkatkan, sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan arti dari kemerdekaan bangsa.

Selain itu keputusan presiden dalam upaya meningkatkan kualitas SDM menurut politisi dapil Papua Barat tersebut patut diapresiasi. Karena Jimmy menilai, Indonesia dewasa ini mendapat tantangan global yang semakin berat dengan negara-negara lain. Oleh karena itu menurutnya, kualitas SDM harus lebih diutamakan agar Indonesia lebih siap menghadapi persaingan yang kompetitif.

“Kualitas SDM harus lebih diutamakan karena kita akan menghadapi persaingan yang lebih kompetitif lagi. Kita tidak berharap hanya di dalam negeri kita, tapi tenaga kerja kita akan diserap oleh bangsa atau negara lain. Itu yang menjadi harapan kami dan kami memberikan dukungan sepenuhnya kepada presiden untuk mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini,” tukasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS