Presiden dan Wakil Presiden Diharapkan Tepati Janji Politik

Fabiola Febrinastri
Presiden dan Wakil Presiden Diharapkan Tepati Janji Politik
Anggota DPR RI, Ratna Juwita Sari. (Dok : DPR)

Indonesia harus bersatu demi pertanian yang maju.

Suara.com - Anggota DPR RI, Ratna Juwita Sari berharap, Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin bisa menepati janji-janji politik yang telah disampaikan pada saat rangkaian kampanye pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden. Salah satunya adalah janji di bidang reforma agrarian serta mengatasi isu radikalisme.

“Menurut saya, yang paling dibutuhkan adalah bagaimana mengatasi isu radikalisme yang sudah menjadi ancaman nyata di negeri ini. Bahkan radikalisme sudah masuk ke kalangan ASN. Dan tak kalah pentingnya adalah janji reforma agraria. Pasalnya, petani saat ini sudah menunaikan tugasnya meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Namun kehidupan mereka bisa dikatakan masih belum sejahtera,” ujar Ratna, sesaat sebelum menghadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Bhakti 2019-2024 di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Minggu (20/10/2019)

Dengan kata lain, lanjut Ratna, hari ini, Indonesia harus bersatu demi pertanian yang maju. Indonesia saat ini memang bisa dikatakan sebagai negara agraris, namun di bidang pertanian, Indonesia sangat minimalis. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah membuat kebijakan dan regulasi yang berpihak pada petani.

Regulasi tersebut tidak hanya sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, namun juga sebagai upaya membuat Indonesia berdaulat di bidang pangan, termasuk harus meningkatkan kesejahteraan bagi petani.

Baca Juga: Usai Pelantikan Jokowi, Jalur Menuju Gedung DPR Kembali Dibuka

“Kebetulan dapil saya Jawa Timur IX masyarakatnya mayoritas bekerja di bidang pertanian, sehingga saya berharap agar kebijakan atau regulasi pertanian selalu berpihak pada petani. Hal itu semata untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” tambah politisi Fraksi PKB ini.

Selain bidang pertanian, masyarakat dapil Jatim IX yang meliputi Tuban, Bojonegoro, dan Gresik ini juga sangat mengharapkan perbaikan dan peningkatan infrastruktur. Di daerah tersebut, dibutuhkan akses jalan tol yang menghubungkan antara Tuban dan Gresik. Selain untuk mengurai kemacetan di sepanjang ruas jalan tersebut, akses tol diyakini akan memajukan laju ekonomi di kedua wilayah tersebut, serta daerah-daerah disekitarnya.

Mengakhiri perbincangannya dengan Parlementaria, Ratna mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Masa Bhakti 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Tak lupa ia mendoakan agar kedua pemimpin negeri kita tersebut dapat amanah dan lancar dalam menjalani tugas-tugasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI