Kompetensi dan Produktivitas Jadi Kunci Utama SDM Unggul

Fabiola Febrinastri
Kompetensi dan Produktivitas Jadi Kunci Utama SDM Unggul
Anggota DPR RI Dede Yusuf. (Dok : DPR)

Menurut Dede, SDM Indonesia untuk ukuran wilayah Asia masih rendah.

Suara.com - Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang menjadi tagline Presiden Joko Widodo harus diimplementasikan ke dalam bentuk program-program pemerintah yang berpihak pada pengembangan SDM. Sedangkan kunci dari SDM unggul itu sendiri menurut Anggota DPR RI Dede Yusuf adalah kompetensi dan produktivitas.

“Sumber daya manusia unggul itu sebetulnya kunci utamanya adalah kompetensi dan produtivitas. Jadi kompetensi itu artinya mampu melaksanakan hal-hal yang kompeten sesuai dengan target utamanya. Produktivitas ini adalah setiap pekerjaan dinilai dari produktivitasnya,” kata Dede, sesaat sebelum menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Bhakti 2019-2024 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Saat ini, dalam hal produktivitas, menurut Dede, SDM Indonesia untuk ukuran wilayah Asia masih rendah. Untuk itu perlu adanya suatu gebrakan dari pemerintah guna mendorong peningkatan produktivitas SDM-nya.

“Nah untuk meningkatkan ini, apa yang harus dilakukan? Nah, harus ada gebrakan, harus ada move yg dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong produktivitas ini,” tegas Dede.

Baca Juga: Usai Pelantikan Jokowi, Jalur Menuju Gedung DPR Kembali Dibuka

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini menilai selama ini koordinasi antar pemangku kepentingan terkain SDM masih sangat lemah. Ia berharap kabinet yang dibentuk untuk membantu Presiden Joko Widodo nantinya mampu berkoordinasi lintas sektoral demi mewujudkan SDM Indonesia yang unggul.

“Koordinasi memang masih lemah. Kita berharap, kabinet yg terbentuk nanti sanggup berkoordinasi, khususnya kalau kita berbicara tentang SDM. Karena SDM ini mau tidak mau memerlukan koordinasi di semua bidang. Baik itu pendidikan, kesehatan, maupun bidang-bidang lainnya itu harus terus dikoordinasikan,” pungkasnya. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI