Setjen DPR Raih Penghargaan Stan Terinformatif dalam AMH 2019

Fabiola Febrinastri
Setjen DPR Raih Penghargaan Stan Terinformatif dalam AMH 2019
Setjen dan BK DPR RI meraih penghargaan stan terinformatif di acara puncak penghargaan insan humas Tanah Air, Anugerah Media Humas (AMH) 2019. (Dok : DPR)

Penilaian AMH meliputi kategori Penerbitan Media Internal, Siaran Pers atau Pemberitaan.

Suara.com - Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI meraih penghargaan stan terinformatif di acara puncak penghargaan insan humas Tanah Air, Anugerah Media Humas (AMH) 2019. Acara tersebut berlangsung meriah sekaligus menjadi penutup dari rangkaian kegiatan Sinergi Aksi Informasi Komunikasi (SAIK) 2019 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (25/10/2019) malam.

Pada pergelaran SAIK 2019, Hubungan Masyarakat (Humas) DPR RI bekerjasama dengan beberapa bagian di Biro Pemberitaan Parlemen serta melibatkan Bidang Data Teknologi dan Informasi (BDTI) sebagai pelaksana langsung kegiatan tersebut telah memberikan banyak inovasi dalam penyapaian informasi kepada para pelajar dan khalayak umum.

Kepala Bagian Humas Setjen DPR RI, Minarni menyampaikan, penghargaan stan paling informatif yang diperoleh Setjen DPR RI ini akan menjadi penyemangat kerja para staf untuk melakukan inovasi-inovasi lain dalam menyampaikan informasi kepada publik.

"Alhamdulillah tahun 2019 ini kita mendapatkan penghargaan sebagai lembaga terinformatif, dengan harapan kita lebih bersemangat, dan lebih giat lagi, dalam menginformasikan lembaga DPR RI kepada masyarakat. Khusus tahun ini dengan tema kita adalah 'Parlemen Baru Harapan Baru'," papar Minarni.

Baca Juga: DPR Sebut Reformasi Birokrasi dan Pembangunan SDM Harus Serius Digarap

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Widodo Muktiyo menyampaikan, AMH merupakan kegiatan tahunan yang sudah 14 kali diselenggarakan. Menurutnya, terdapat banyak kemajuan peserta AMH dari tahun-ketahun.

Penilaian AMH meliputi kategori Penerbitan Media Internal, Siaran Pers atau Pemberitaan, Media Sosial, dan kategori Website. Pada tahun ini, AMH dikuti oleh 169 instansi yang tersebar seluruh Indonesia yang meliputi Kementerian dan Lembaga, BUMN dan BUMD, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dan Kota serta Perguruan Tinggi.

Adapun penilaian dari AHM sendiri yaitu dengan mengedepankan substansi, packaging, serta sebaran informasi dari media yang dikelola. Penilaian dilakukan secara profesional dari dewan juri yang berpengalaman di bidang pemberitaan dan kehumasan.

Selain DPR RI sebagai stan terinformatif, ajang AMH 2019 juga memberikan penghargaan beberapa kategori lainnya bagi instansi yang berpartisipasi pada SAIK 2019. Diantaranya, Kementerian Pariwisata dengan kategori stan dekorasi terbaik, Kementerian Perhubungan kategori stan pelayanan terbaik, Sekretariat Negara mendapat stan favorit, dan stan terinovatif diberikan kepada Kemendikbud. Sedang stan nusantara jatuh kepada Humas Pemprov Papua Barat.

Baca Juga: Masuk Komisi VII DPR, Mulan Jameela: Anak Bawang Woles Saja


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI