Generasi Muda Diminta Tingkatkan Kualitas Diri

Fabiola Febrinastri
Generasi Muda Diminta Tingkatkan Kualitas Diri
Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Tommy Kurniawan. (Dok : DPR)

Era digitalisasi yang berkembang saat ini memberikan tantangan sekaligus peluang.

Suara.com - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 yang jatuh pada hari ini, 28 Oktober 2019, anggota DPR RI Periode 2019-2024, Tommy Kurniawan berpesan agar para generasi muda terus meningkatkan kualitas diri, guna menjawab tantangan di era disrupsi teknologi saat ini. Menurutnya, kreativitas dan inovasilah yang diperlukan menuju Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, dan Indonesia Maju, sesuai dengan visi pemerintah.

“Tantangan ke depan sangat berat, karena itu kita tidak bisa terus mengandalkan pemerintah, tetapi juga harus meningkatkan kualitas dan kompentensi diri sehingga mampu mengikuti perkembangan jaman," ungkap Tommy saat diwawancarai Parlementaria, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebutkan, era digitalisasi yang berkembang saat ini memberikan tantangan sekaligus peluang, termasuk bagi generasi milenial. Ia mengingatkan, generasi muda harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dengan baik untuk bertahan di era ini.

Dirinya menjelaskan, ada gap antara tingkat pendidikan dan kebutuhan industri saat ini. Data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2019 mencatat, angka pengangguran turun menjadi 5,01 persen atau berkurang 50 ribu orang selama satu terakhir. Kendati secara agregat menurun, namun jika dilihat dari tingkat pendidikannya, pengangguran terdidik justru semakin banyak.

Baca Juga: DPR Sebut Reformasi Birokrasi dan Pembangunan SDM Harus Serius Digarap

“Mengapa terjadi demikian? Artinya link and match antara skill dan dunia usaha belum pas. Karena itu, dengan perbaikan skill dan kreatifitas, kita dapat membuka peluang dan membantu Indonesia sedkit demi sedikit lebih maju,” pungkas legislator dapil Jawa Barat V itu.

Politisi milenial ini juga mendorong generasi muda untuk terus meningkatkan literasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. “Membaca adalah jendela dunia, mari kita meningkatkan literasi. Saat ini kita tidak lagi kesulitan mendapatkan informasi, semua informasi bisa didapatkan dari gawai,” pesan Tommy.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI