DPR Dorong Koperasi sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR Dorong Koperasi sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel. (Dok : DPR).

Menurut politisi Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), koperasi merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan yang paling tepat untuk masyarakat.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel mengatakan, ia akan berupaya membangkitkan koperasi yang nilainya semakin memudar. Menurutnya di dalam koperasi terdapat nilai-nilai mulia seperti musyawarah mufakat serta semangat untuk bergotong royong.

Demikian diungkapkan Gobel, saat usai menerima aspirasi masyarakat Gorontalo di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

"Tentu lewat koperasi, saya ingin dorong perekonomian. Karena operasi itu merupakan penjabaran daripada ekonomi pancasila juga,” lanjut Gobel.

Menurut politisi Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), koperasi merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan yang paling tepat untuk masyarakat.

Baca Juga: DPR : Regulasi Perdagangan Perlu Ditinjau Ulang

Sehingga program ini tidak boleh putus di tengah jalan atau pun gagal. Melalui koperasi, Gobel ingin mendorong terbentuknya industri pangan baik itu tanaman padi maupun dari sayuran yang ada di daerah khususnya di Gorontalo.

Masyarakat Gorontalo, lanjut Gobel, 70 persen nya merupakan petani yang seringkali berhadapan dengan masalah klasik di bidang pertanian seperti kelangkaan pupuk dan bibit saat musim tanam. Masalah seperti ini harus segera diatasi agar produk pertanian bisa menjadi salah satu komoditi yang bisa dibanggakan.

“Kalau untuk menjadi komoditas nasional, saya rasa belum bisa memenuhi. Tapi paling tidak bisa menjadi salah satu lumbung pangan,” harap Gobel sambil menerangkan bahwasanya lahan pertanian di Gorontalo sangat luas dan kalau dikelola dengan baik, akan memberikan hasil dan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan melalui koperasi, Gobel berkeyakinan akan mampu mengentaskan kemiskinan di Gorontalo dari posisi lima besar di Indonesia, menjadi lima besar termakmur di Indonesia. Bukan tidak mungkin ke depannya Gorontalo akan menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

“Saya minta, kita harus memulai, seperti apa yang sudah kita canangkan. Kita harus bekerja, serta merumuskan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan kedepan. Membangun kawasan gorontalo sebagai kawasan ekonomi pariwisata harus kita wujudkan bersama,” imbaunya. 

Baca Juga: Wakil Ketua DPR : E-Parliament Segera Dikampanyekan


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI