Anggaran Kepolisian yang Besar Harus Sebanding dengan Kualitas Kinerja

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Anggaran Kepolisian yang Besar Harus Sebanding dengan Kualitas Kinerja
Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Suding. (Dok : DPR).

Menurutnya peningkatan anggaran tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kualitas kinerja.

Suara.com - Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Suding mengungkapkan anggaran untuk Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat ini sudah meningkat drastis.

Menurutnya peningkatan anggaran tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kualitas kinerja. Pernyataan tersebut dia sampaikan saat Rapat Kerja Komisi III dengan Kapolri Idham Azis beserta jajarannya.

"Saudara Kapolri, tahun 2009 saya di DPR, ingat benar anggaran Kepolisian tidak sampai Rp 48 triliun, lalu kemudian saat ini anggaran kepolisian sudah mencampai 104 triliun. Tentunya anggaran ini tidaklah semata-mata diberikan begitu saja," jelas Suding di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Rabu (20/11/2019).

Mengacu pada data dari Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Politisi Fraksi PAN ini mengatakan, pada 2016 telah menerima pengaduan kurang lebih 6 ribu laporan dari masyarakat, lembaga, instansi dan LSM, ada 3954 laporan itu tidak ditindaklanjuti dari 6 ribu sekian. Lalu di tahun 2018, laporan pengaduan mencapai 2 ribu sekian, yang ditindaklanjuti hanya ratusan dan masih kurang lebih 1800 sekian yang tidak ditindaklanjuti, itu yang disampaikan Kompolnas.

Baca Juga: 3 Pimpinan KPK Gugat UU Baru ke MK, DPR Siap Beri Jawaban

Kemudian, lanjut Suding, dari Ombudsman RI, berkaitan dengan penundaan perkara, Kepolisian menjadi lembaga terbanyak kedua yang kerap dilaporkan kepada Ombudsman. Pada 2016 terdapat 53 persen total laporan masyarakat yang berkaitan dengan penundaan perkara di Kepolisian jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya 43 koma sekian persen.

"Bagaimana aparat Kepolisian, pelaksanaan tupoksinya dalam rangka melindungi, melayani, mengayomi dan melakukan penegakan hukum benar-benar terimplementasi dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Dan juga dipahami terinternalisasi di semua anggota Kepolisian yang ada di republik ini," tanya Suding.

Menurutnya kinerja Kepolisian saat ini belum sebanding dengan anggaran yang besar yang telah digelontorkan. "Ini menjadi introspeksi kita semua, anggaran yang kita berikan dari Komisi III begitu besar dalam rangka untuk berbasis kinerja," papar Suding.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI