Jelang New Normal, Kemendagri Diminta Koordinasi dengan Pemda

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Jelang New Normal, Kemendagri Diminta Koordinasi dengan Pemda
Satgas Lawan Covid-19 DPR RI mengunjungi Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (28/5/2020). (Dok : DPR).

Menurut Tito, dalam keadaan krisis biasanya hanya eksekutif saja yang bergerak untuk mengatasi.

Suara.com - Satgas Lawan Covid-19 DPR RI mengunjungi Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, dalam pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian beserta jajaran, DPR ingin melihat kesiapan Kemendagri dalam melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota dalam penanganan Covid-19 menjelang penerapan new normal atau fase kenormalan baru.

Dasco menambahkan, dalam pertemuan tersebut pihaknya juga berkoordinasi terkait rencana pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dijadwalkan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Kami berkoordinasi tentang bagaimana Kemendagri melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam penanganan Covid-19 maupun dalam pelaksanaan new normal,” ujar  Dasco.

Baca Juga: Menteri Teten Tak Masalah Dikritik, DPR Heran Muannas Polisikan Farid Gaban

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini menilai, Kemendagri telah banyak melaksanakan penanganan Covid-19 baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya, hingga berkoordinasi dengan pemda.

"Kami apresiasi bahwa Kemendagri sudah melakukan kerja-kerja dalam penanganan Covid-19 baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya ke depan," tandas Dasco.

Sementara itu, Tito mengaku sangat terbantu dengan adanya Satgas Lawan Covid-19 DPR. Menurut Tito, dalam keadaan krisis biasanya hanya eksekutif saja yang bergerak untuk mengatasi.

“DPR membuat satgas dan bergerak di tengah krisis luar biasa. Secara operasional dan tetap dalam ruang lingkup dalam tugas dan kewenangan DPR sebagai pengawas, kita sangat terbantu,” apresiasi Tito.

Baca Juga: Tolak UU Minerba yang Disahkan DPR, JATAM Dkk Gelar Sidang Rakyat Tandingan


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI