DPR: Pandemi Tak Bisa Diselesaikan Sendiri dan Sektoral

Bangun Santoso | Novian Ardiansyah
DPR: Pandemi Tak Bisa Diselesaikan Sendiri dan Sektoral
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay [suara.com/Dian Rosmala]

"Dalam menghadapi situasi sulit seperti ini, tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri dan sektoral. Semua harus bersatu," ujar Saleh

Suara.com - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay berharap momen hari lahir Pancasila dapat mengingatkan pemerintah untuk selalu menggunakan nilai kelima sila, terutama dalam menangani pandemi Covid-19.

Saleh berujar, pemerintah harus dapat melayani masyarakat yang diketahui terpapar maupun tidak terpapar Covid-19. Pelayanan harus diberikan secara manusiawi kepada semua masyarakat.

“Tidak hanya mengobati, mengisolasi dan mengkarantina, negara juga harus memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat yang terdampak. Ada banyak yang kehilangan pekerjaan dan di-PHK. Mereka tentu saat ini kesusahan. Atas nama kemanusiaan, kita semua wajib memberikan pertolongan kepada mereka," kata Saleh dalam keterangannya, Senin (1/6/2020).

Menurut dia, nilai berikutnya yang harus digunakan ialah persatuan dan kesatuan dalam mengatasi Covid-19. Baik pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan kementerian harus saling berkoordinasi menyelesaikan persoalan pandemi.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Gotong Royong Lawan Covid di Hari Lahir Pancasila

"Dalam menghadapi situasi sulit seperti ini, tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri dan sektoral. Semua harus bersatu," ujar Saleh.

Persatuan tetap diutamakan walaupun terdapat perbedaan cara pandang dan pendapat. Sebab, lanjut Saleh, hal itu bisa diselesaikan dengan bermusyawarah mufakat.

"Terakhir, semua aktivitas penanganan Covid-19 hendaknya didasarkan pada nilai-nilai keadilan sosial. Pembagian tugas, tanggung jawab dan wewenang harus dibagi secara adil dan merata. Begitu juga, pembagian bantuan sosial kepada masyarakat harus dilaksanakan dengan menggunakan prinsip keadilan," tandasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI