DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

Fabiola Febrinastri
DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer
Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid. (Dok : DPR)

Posisi TNI dalam hal penerapan tatanan normal baru hanyalah membantu pemerintah.

Suara.com - Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid mengatakan, pelibatan TNI dalam penerapan kebijakan tatanan normal baru (new normal) tidak berarti bahwa supremasi sipil tergantikan oleh militer. Puncak kepemimpinan penerapan kebijakan tatanan normal baru, tetap berada di tangan pemerintah sipil.

Hal itu disampaikannya dalam webinar bertajuk "Pesiapan Dalam Menghadapi Tatanan Kehidupan Baru", yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui aplikasi zoom, Jumat (5/6/2020).

Webinar yang dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate itu juga dihadiri Wakil Ketua Komisi III DPR, Adies Kadir dan Dirjen IKP Kominfo, Widodo Muktiyo.

Menurut Meutya, posisi TNI dalam hal penerapan tatanan normal baru hanyalah membantu pemerintah, khususnya pemerintah daerah dan Polri dalam menegakkan disiplin kepatuhan terhadap protokol kesehatan di masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Staycation di Bali, Ini Protokol Kesehatan New Normal di Hotel Inaya Putri

"Pelibatan TNI dalam new normal harus dilihat secara menyeluruh dalam upaya penanganan wabah Covid-19," katanya.

Bahkan, politisi perempuan Partai Golkar itu mengungkapkan, TNI pada dasarnya sudah dilibatkan bahkan jauh sebelum rencana penerapan tatanan normal baru.

"TNI sudah dilibatkan sejak awal-awal merebaknya pandemi Covid-19 yakni dalam evakuasi pelajar Indonesia yang terjebak lockdown di Kota Wuhan, China, serta dalam distribusi alkes ke berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Pelibatan TNI dalam new normal juga sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku, seperti termaktub dalam UU No 34 tahun 2004 pasal 7 ayat 2 (b) terkait tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP).

"Saya kira tidak perlu ada kekhawatiran soal pelibatan TNI. Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang melibatkan militernya dalam penanganan wabah Covid-19. Negara-negara barat yang demokratis seperti Inggris dan Italia juga melibatkan militernya dalam penanganan pandemi Covid-19," jelasnya.

Baca Juga: Viral Starter Pack Jadi Orang Jogja, Kompas Berjalan Paling Bikin Heboh

Sementara itu, Adies juga menyatakan hal yang sama. Dalam perspektif keamanan, peran Polri dalam pelaksanaan new normal tidak lebih dari upaya menjaga keamanan sekaligus mengawasi dan mendorong semua pihak untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan pelaksanaan new normal.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI