Gus Muhaimin : Pertanian Jadi Arah Ekonomi Baru Indonesia

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Gus Muhaimin : Pertanian Jadi Arah Ekonomi Baru Indonesia
Kunjungan ke Institute Pertanian Bogor (IPB), Minggu (19/7/2020). (Dok : DPR).

Orientasi ekonomi baru yang dimaksudkan, salah satunya dengan memperkuat sektor pertanian.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI/Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa menghadapi pandemi Covid-19, maka berbagai upaya harus dilakukan agar bangsa Indonesia tidak mengalami krisis  ekonomi lebih dalam. Pernyataan tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan ke Institute Pertanian Bogor (IPB), Minggu (19/7/2020). 

Menurutnya diperlukan reorientasi ekonomi baru, karena menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Orientasi ekonomi baru yang dimaksudkan salah satunya dengan memperkuat sektor pertanian.

"Pertanian adalah solusi menghadapi krisis, 75 persen desa desa kita adalah desa pertanian, dan mayoritas penduduk Indonesia pendapatannya bertumpu pada sektor pertanian dan sumber daya alam, karenanya dibutuhkan perhatian khusus ke sektor ini," ujarnya.

Lebih jauh Gus Muhaimin menjelaskan bahwa orientasi ekonomi baru ke sektor pertanian ini dibutuhkan, karena Indonesia harus menjadi kekuatan pangan dunia. Indonesia harus keluar dari ketergantungan global, khususnya dari sektor pertanian dan pangan.

Baca Juga: Dianggap Kurang Bernilai, DPR Minta Kota Tua Dijadikan Tempat Rapat

"Bangsa Indonesia harus berdaulat pangan, kita tidak boleh menggantungkan nasib pangan 260 jutaan rakyat Indonesia dari luar karena itu sangat berbahaya jika terjadi krisis," tegasnya.

Rektor IPB, Prof Arif Satria, dalam kunjungan Wakil Ketua DPR RI/Korkesra menjelaskan dan menunjukkan berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh IPB di bidang teknologi pertanian dan pangan berbasis 4.0, mendorong regenerasi petani dengan menciptakan sociopreneur, misalnya dengan mengembangkan program santrienterpreneur.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI/Korkesra sekaligus sebagai Ketua Umum PKB ini semakin optimistis, gagasan untuk melakukan reorientasi ekonomi baru ke sektor pertanian dapat diwujudkan karena adanya dukungan dari Perguruan Tinggi dan para pakar. Dia menegaskan bahwa yang digagas oleh IPB sejalan dengan yang sedang didorong olehnya, baik sebagai Wakil Ketua DPR RI/Korkesra maupun sebagai Ketua Umum Partai.

"Saya sudah memerintahkan kepada semua calon pimpinan daerah yang diusung oleh PKB  untuk melakukan kontrak politik dengan menjalankan reorientasi ekonomi baru ke sektor pertanian dan ekonomi alternatif lainnya yang mengsejahterakan rakyat dan tidak merusak lingkungan," tegas Gus Muhaimin.

Baca Juga: Bupati Ciamis Bantah Ujaran Ketua Banggar DPR Soal Manipulasi Data Covid-19


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI