Ketua DPR Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi Atasi Covid-19

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi Atasi Covid-19
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. (Dok : DPR)

Tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk tujuan politik tertentu.

Suara.com - Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani mengingatkan pemerintah pusat dan daerah untuk bersinergi dan konsisten dalam membuat kebijakan penanganan Covid-19, karena terjadi peningkatan kasus di sejumlah daerah.

Puan meminta pemerintah menjalankan kebijakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

“Masyarakat menaruh harapan besar pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemi ini,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/9/2020).

Puan menegaskan, pemerintah pusat dan daerah harus mengambil kebijakan penanganan pandemi Covid-19 berdasarkan data akurat. Semua masukan juga harus didengarkan dan menjadi bahan kajian sebelum kebijakan itu ditetapkan lalu dilaksanakan.

Baca Juga: DPR Nilai, Anggaran Polri Tahun 2021 Rasional

"Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan berbagai pihak,” ungkapnya.

Selain itu, Puan berharap, tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk tujuan politik tertentu. Karena salah satu kunci keberhasilan melalui masa sulit akibat pandemi ini adalah kerja semua elemen, bergotong royong berskala besar untuk saling membantu meringankan beban.

"Hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Dia menyampaikan, kebijakan yang ditetapkan pemerintah perlu dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya, seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau lainnya. Maka dari itu, pemerintah harus tegas menegakkan aturan dalam semua kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah untuk menjaga diri. Kita harus terus disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak fisik. InsyaAllah dengan kerja bersama, maka indonesia akan bisa melewati tantangan ini, amin,” tandas Puan.

Baca Juga: Absen Rapat di DPR, Menteri Edhy Prabowo Belum Sembuh Covid-19


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI