Legislator Ingatkan BMKG Lebih Akurat dalam Prakiraan Cuaca

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Legislator Ingatkan BMKG Lebih Akurat dalam Prakiraan Cuaca
Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti. (Dok : DPR).

Novita mengungkapkan, tingkat akurasi tersebut sangat penting perannya bagi masyarakat luas terlebih bagi para petani, nelayan dan sektor penerbangan sehari-hari.

Suara.com - Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk bisa lebih memberikan informasi prakiraan cuaca dan iklim secara lebih akurat sejak dini. Novita mengungkapkan, tingkat akurasi tersebut sangat penting perannya bagi masyarakat luas terlebih bagi para petani, nelayan dan sektor penerbangan sehari-hari. 

Pemaparan tersebut disampaikan Novita saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Bagus Puruhito dan Plt. Kepala BPWS Achmad Herry Marzuki, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Gedung, Senayan, Jakarta, Senin (21/9/2020). Rapat digelar secara fisik dan virtual. 

"Kepada BMKG dan BASARNAS, meski dengan anggaran yang terbilang minim namun harus tetap maksimal dan tepat guna dalam program serta capaian. Seperti, BMKG agar lebih akurat dalam penyajian data prakiraan cuaca dan iklim. Mengingat, itu kunci pegangan untuk kita semua. Terutama, bagi para petani dalam bercocok tanam, para nelayan yang akan melaut dan sektor penerbangan," ujar Novita. 

Di sisi lain, politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga meminta BASARNAS tetap bisa mengoptimalkan anggaran yang dimiliki dengan memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana yang tersedia. Serta, tegas Novita, BASARNAS harus lebih meningkatkan sinergitas dengan seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga: DPR : Alsintan Jadi Terobosan Kementan Tingkatkan Nilai Tambah Petani

"Saya mengimbau BASARNAS untuk tetap bisa memaksimalkan SDM serta sarana dan prasarana yang ada. Selain itu, saya mendorong BASARNAS untuk bisa lebih saling bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat secara nasional," pungkas Pimpinan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI itu.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI