Ketua DPR Resmi Buka Parlemen Remaja 2020

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Ketua DPR Resmi Buka Parlemen Remaja 2020
Ketua DPR Puan Maharani. (Dok : DPR).

Dimana, Gen-Z merupakan titik awal perjalanan bangsa terutama dalam menyongsong HUT ke-100 Indonesia pada tahun 2045 mendatang.

Suara.com - Ketua DPR  Puan Maharani secara resmi membuka rangkaian acara Parlemen Remaja tahun 2020 yang ditandai dengan pengetukan palu sidang.

Pada sambutan, Puan mengungkapkan melalui kegiatan simulasi nantinya segenap peserta Parlemen Remaja dapat mengetahui seluruh kinerja DPR RI. 

Pemaparan tersebut disampaikan Puan dalam sambutan resmi pembukaan  Parlemen Remaja 2020 yang digelar berbeda dari tahun sebelumnya yakni secara full virtual dengan tema 'Gotong Royong Mengatasi Pandemi Covid-19 Optimis Kita Bisa', dari Ruang Kerja Ketua DPR RI, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (2/11/2020). 

"Ketua atau Anggota DPR memiliki banyak agenda mulai rapat komisi, rapat fraksi dan bertemu konstituen dalam kunjungan kerja. Maka, melalui berbagai simulasi diharapkan seluruh peserta Parlemen Remaja dapat merasakan langsung pentingnya kinerja DPR dalam mengambil keputusan yang berdampak pada kesejahteraan seluruh rakyat," ujar Puan. 

Baca Juga: Inilah Perjalanan UU Cipta Kerja, Mulai Disahkan DPR Hingga Diteken Jokowi

Politisi PDI-Perjuangan ini mengingatkan kepada seluruh peserta Parlemen Remaja 2020 merupakan bagian dari 'Generasi-Z' (Gen-Z) berusia 16-17 tahun. Dimana, Gen-Z merupakan titik awal perjalanan bangsa terutama dalam menyongsong HUT ke-100 Indonesia pada tahun 2045 mendatang. 

"Artinya, 25 tahun lagi adik-adik berusia produktif sekitar 40 tahun yang akan mengambil keputusan penting ketika negara kita sudah berusia satu abad. Maka, sebagai generasi masa depan indonesia agar tetap menjaga identitas sebagai Indonesia dan jangan pernah lupa menerapkan ideologi Pancasila," tandas Puan. 

Terkait hal itu, legislator dapil Jawa Tengah V ini mencontohkan salah satu bentuk penerapan Pancasila di masa sekarang ini yaitu dengan memperkuat gotong-royong. Terutama, dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia dan global, sehingga Indonesia dapat melewati masa pandemi Covid-19 tersebut. 

"Kita harus mengingatkan sesama teman dan orang tua supaya benar-benar menjaga protokol kesehatan yaitu cuci tangan pakai sabun, jangan lupa memakai masker dan  jaga jarak fisik. Itu yang ingin saya sampaikan dan selamat mengikuti rangkaian acara dengan mengucapkan bismillah secara resmi saya membuka acara Parlemen Remaja tahun 2020," pungkas Puan. 

Acara Parlemen Remaja 2020 kemudian dilanjutkan penyerahan palu sidang secara virtual dari Ketua DPR RI kepada Ketua Parlemen Remaja 2020.

Baca Juga: Intip 4 Gaya Liburan Anak Artis Anggota DPR, Siapa Paling Mewah?

Lalu, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis atribut Parlemen Remaja oleh Sekjen DPR RI kepada perwakilan peserta Parlemen Remaja 2020 dalam hal ini Ketua Parlemen Remaja 2020 Diandra Paramita Anggraini (dapil DKI Jakarta I SMA 71 Jakarta).


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI